Belasan Bangunan di Balikpapan Kota Hangus Terbakar, Polisi Selidiki Sumber Api

Roy Marisi
Tim pemadam gabungan bersama relawan memadamkan api di salah satu ruko yang terbakar. (Foto: Istimewa/Relawan Info Bencana)

BALIKPAPAN, iNews.id – Belasan bangunan rumah dan rumah toko (ruko) di kawasan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota hangus dilalap api, Selasa (9/8/2022). Kepolisian masih menyelidiki sumber api dalam peristiwa tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Kebencanaan BPBD Kota Balikpapan Usman Ali menerangkan, ada 10 rumah warga dan 6 ruko yang terdampak peristiwa tersebut. 

"Data sementara yang kami hitung ada sekitar sepuluh rumah dan enam ruko yang terbakar. Untuk korban jiwa tidak ada," kata Usman. 

Kobaran api pertama kali terlihat sekitar pukul 11.30 Wita di salah satu rumah warga. Kondisi angin  yang cukup kencang ditambah sebagian besar bangunan berbahan mudah terbakar mengakibatkan api cepat merambat.

Meski telah mengerahkan 16 unit mobil pemadam BPBD, Pertamina, Sabhara, Brimob serta PDAM, kobaran api baru dapat dikendalikan dalam kurun dua jam.

"Kendala di lapangan karena akses sempit dan banyak masyarakat yang menonton. Angin cukup kencang sehingga api cepat membesar," imbuhnya. 

Sampai jelang sore, Kepolisian masih menyelidiki sumber api dalam peristiwa tersebut. Penyidik saat ini mendalami keterangan dari sejumlah saksi. 

"Ada beberapa saksi yang kami bawa ke Polresta untuk dimintai keterangan. Mereka warga sekitar. Setelah proses pendinginan, kami akan lakukan oleh TKP," ucap Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro di Markas Polresta.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network