Waspada Gelombang Tinggi, Capai 6 Meter Ancam Perairan Indonesia

Antara
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia. (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Gelombang tinggi mengancam sejumlah perairan di Indonesia pada 27-28 September 2022. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi ketinggian gelombang 1,25 hingga 6 meter.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ujar Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, Selasa (27/9/2022).

Eko mengatakan, salah satu penyebab gelombang tinggi itu, yakni pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur-Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

"Gelombang tinggi itu berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 27-28 September 2022," katanya.

Dia menambahkan, peluang peningkatan gelombang setinggi di 4 hingga 6 meter terjadi di Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai-Lampung, perairan Enggano-barat Lampung.

Editor : Mukmin Azis

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network