Daftar Negara di Dunia yang Pakai Mata Uang Asing Sebagai Alat Tukar Resmi

Viola Triamanda
Daftar negara yang menggunakan mata uang asing sebagai alat pembayaran resmi. (Foto: Ilustrasi/ Pixabay.com)

JAKARTA, balikpapan.iNews.id – Tidak semua negara di dunia memiliki mata uang sendiri. Ada beberapa negara yang justru menggunakan mata uang negara lain sebagai alat tukar resmi di negaranya.  

Dollar AS menjadi mata uang yang paling banyak digunakan beberapa negara yang tidak memiliki mata uang sendiri. Namun demikian, ada pula negara yang menggunakan Rupiah sebagai alat tukar di negaranya.

Mengutip berbagai sumber, berikut daftar negara yang menggunakan mata uang asing sebagai alat pembayaran di negaranya.

 

Daftar Negara yang Menggunakan Mata Uang Asing Sebagai Alat Pembayaran:

Timor Leste

Timor Leste tidak memiliki mata uang resmi negaranya sendiri sebagai alat pembayaran. Negara bekas bagian Indonesia itu memilih menggunakan Dollar AS sejak tahun 2000, melalui Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000. 

Namun negara ini rupanya tidak hanya menggunakan Dollar AS, ada beberapa mata uang negara lain yang sering dipergunakan sebagai alat tukar, yakni Rupiah (Indonesia), Bath (Thailand), Escudo (Portugis), dan Dollar Australia.

El Salvador

Negara di Amerika Tengah ini menggunakan Dollar AS sebagai alat pembayaran sejak 2000-an yang ditujukan mencegah krisis ekonomi dan spekulan seperti dialami di beberapa negara benua Amerika lainnya, seperti Meksiko dan Argentina. Baru sejak September 2021, negara ini juga menggunakan Bitcoin.

Zimbabwe

Zimbabwe pernah memiliki mata uang resmi sendiri, tapi pada 2009 negara di Afrika selatan itu menggunakan delapan mata uang sebagai alat pembayaran sah. Antara lain Dollar AS, Rand Afrika Selatan, Botswana Pula, Poundsterling Inggris, Dollar Australia, Yuan China, Rupee India, dan Yen Jepang.

Panama

Sejak tahun 1904, Panama sudah menggunakan mata uang Dollar AS sebagai alat pembayaran, selain balboa Panama.

Ekuador

Ekuador menggunakan Dollar AS sebagai alat tukar perdagangan. Negara ini menjadikan Dollar AS sebagai mata uang resmi Ekuador pada 13 Maret 2000. 

Pemerintah Ekuador mengadopsi Dollar AS sebagai mata uang resmi menyusul depresiasi Sucre dan kekacauan yang diakibatkannya.

Editor : Mukmin Azis

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network