Unik! Hari Batik Nasional, Lanal Balikpapan Gelar Fashion Show Batik di Kapal KRI Diponegoro-365 

Mukmin Azis
Fashion Show Batik digelar di atas geladak KRI Diponegoro-365, yang tengah sandar di dermaga pelabuhan Semayang Balikpapan, pada Senin (17/10).

BALIKPAPAN, iNews.id - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Lanal Balikpapan dan Pemerintah Kota Balikpapan serta Rumah Batik Ampiek menggelar Fashion Show bertajuk NAVY and BATIK.

Kegiatan unik ini menghadirkan pakaian TNI AL dan batik Kalimantan Timur serta Batik Balikpapan di atas geladak KRI Diponegoro-365, yang tengah sandar di dermaga pelabuhan Semayang, pada Senin (17/10) sore.

Dengan penuh percaya diri sejumlah model melakukan peragaan busana di depan tamu undangan, serta Forkopimda Balikpapan.  

Danlanal Balikpapan, Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz mengatakan, kegiatan ini diharapkan akan lebih meningkatkan semangat dan jiwa kemaritiman pemerintah, dan warga Balikpapan dengan diadakannya di atas kapal perang.

“Hari ini kita bersama menyaksikan fashion show, dan bisa lebih dekat dengan budaya batik dan unsur lain, khususnya Balikpapan sebagai penyangga IKN,” kata Danlanal Balikpapan.

“Luar biasa kita saksikan fashion show di atas kapal perang, dengan membawakan pakaian batik,” timpal Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Balikpapan dipilih sebagai pangkalan aju oleh KRI Diponegoro-365, dikarenakan merupakan salah satu pelabuhan dan kota yang layak serta lengkap untuk mendukung keberhasilan misi pelayaran diplomasinya. 

Dalam satu bulan, ada 10 kapal perang yang datang di pangkalan aju Balikpapan, untuk melaksanakan tugas, baik menjaga wilayah laut NKRI, maupun untuk melaksanakan kegiatan Internasional. 

Kali ini, Indonesia mengirimkan KRI Diponegoro -365 untuk mengikuti kegiatan International Fleet Review di Yokosuka, Jepang. Dimana pada perjalanan kali ini, Personil KRI Diponegoro akan membawa dan memperkenalkan sejumlah budaya Indonesia, termasuk dari Balikpapan. 

“Dalam rangka misi diplomatic kami, nanti kami akan membawa budaya dari Balikpapan, termasuk batik, agar budaya Kalimantan Timur semakin dikenal masyarakat dunia, khususnya Negara Jepang,” ujar Komandan KRI Diponegoro – 365, Letkol Laut (P) Kurniawan Koes Atmadja.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network