Emir Qatar Beri Jubah Bisht Kepada Lionel Messi, Ini Lho Maknanya

Cikal Bintang
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memakaikan jubah kepada kapten Tim Nasional (Timnas) Argentina, Lionel Messi sebelum mengangkat trofi Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Bisht, menurut Dr Mustafa, merupakan pakaian yang sering dikenakan untuk sebuah acara besar oleh orang tertentu. Pemberian tersebut bisa juga dimaksudkan sebagai tanda penghormatan dari Qatar kepada Lionel Messi.

“Mereka pada dasarnya menghormatinya dengan meletakkannya di atas bahunya (Messi). Ini seperti tanda kehormatan, dan semacam sambutan budaya dan penerimaan budaya,” sambungnya.

Untuk diketahui, jubah Bisht merupakan pakaian tradisional kaum pria di Arab. Umumnya jubah ini hanya dikenakan oleh kalangan bangsa Arab berstrata sosial menengah ke atas.

Jubah Bisht biasanya dikenakan oleh politisi, tokoh agama, hingga para pejabat di tanah Arab.

“Dan ini adalah acara puncak. Maksud saya, mungkin tidak ada kesempatan yang lebih besar, jadi mereka menjadikannya sebagai tanda kehormatan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Timnas Argentina mengalahkan Prancis di final Piala Dunia 2022 setelah melalui drama adu penalti 3-3 (4-2). Laga puncak tersebut berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Qatar mulai Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Kemenangan ini membuat La Albiceleste -julukan Timnas Argentina- meraih trofi ketiga sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia.

Editor : Mukmin Azis

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network