Serang Ukraina, Rusia Perbanyak Serangan Drone

Umaya Khusniah
Ukraina menilai Rusia telah mengubah strategi taktis dengan lebih banyak menyerang menggunakan drone berpeledak buatan Iran. (Foto: Reuters)

KIEV, iNewsBalikpapan.id - Ukraina menilai Rusia telah mengubah strategi taktis dengan lebih banyak menyerang menggunakan drone berpeledak buatan Iran. Drone dikerahkan untuk mematahkan perlawanan Ukraina dengan membuat rakyat lelah, menyasar pertahanan udara dan juga fasilitas energi.

Hal ini disampaikan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dalam pidato video malamnya Senin (2/1/2023) malam.

“Kami mendapat informasi bahwa Rusia sedang merencanakan serangan berkepanjangan oleh Shaheds (pesawat tak berawak),” kata Zelensky. 

Zelensky juga memperingatkan, malam-malam selama beberapa minggu mendatang akan sangat mengkhawatirkan. Selama dua hari pertama di tahun 2023, sejumlah kota dan infrastruktur energi, di Ukraina telah dihujani serangan drone tanpa henti pada malam hari. 

Namun pasukan Ukraina telah  menembak jatuh lebih dari 80 drone buatan Iran.

Wakil Kepala Kantor Kepresidenan Ukraina, Kyrylo Tymoshenko, melaporkan,  serangan rudal Rusia terjadi di Kota Druzhkivka di wilayah Donetsk timur yang sebagian diduduki pada Senin (2/1/2023) malam. Akibatnya, dua orang luka. 

Para pejabat mengatakan serangan itu merusak arena hoki es. Padahal lokasi itu merupakan sekolah hoki dan seluncur indah terbesar di Ukraina.

Gubernur Ukraina Kherson, Yaroslav Yanushevich, pada Selasa mengatakan, serangan Rusia di daerah-daerah yang baru-baru ini direbut kembali di wilayah selatan Kherson, pada Senin telah menewaskan dua orang dan melukai sembilan lainnya. Pasukan Rusia menembaki kota Kherson sebanyak 32 kali pada hari Senin.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network