Relawan Mak Ganjar Kaltim Ajak Emak-emak Manfaatkan Lahan Kosong Tanam Sayuran Hidroponik

Mukmin Azis
Relawan Mak Ganjar Kalimantan Timur mengajak emak-emak memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan kosong menanam sayuran hidroponik. (Foto: Istimewa)

SAMARINDA, iNewsBalikpapan.id– Relawan Mak Ganjar Kalimantan Timur (Kaltim) mengajak emak-emak di Samarinda memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan kosong menanam sayuran hidroponik.

Relawan Mak Ganjar juga memberikan pelatihan dan penyuluhan sekaligus pemberian bibit sayuran sawi kepada Ibu-ibu warga di Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Pelatihan dan penyuluhan ini diharapkan, dapat membantu ekonomi keluarga sehingga kebutuhan sayur tidak lagi harus membeli di pasar. Bahkan hasil hidroponik bisa dijual.

Hal ini disampaikan Koordinator Mak Ganjar Kaltim Ernawati saat pelatihan dan penyuluhan menanam sayuran hidroponik di halaman rumah warga Bukit Pinang, Samarinda.

Menurutnya, lahan kosong atau pekarangan itu bisa dipakai ibu-ibu untuk menanam sayuran hidroponik.

“Kami ajarkan mereka bercocok tanam dengan cara hidroponik. Ini bisa dilakukan di pekarangan rumah atau lahan kosong yang tidak terpakai, ” kata Ernawati Siregar, Rabu (18/1).

Dengan memanfaatkan lahan tersebut, dia menyebut ibu-ibu bisa lebih hemat karena memasak sayur yang ditanam, tanpa membeli di pasar.

“Bahkan, sayuran itu bisa menghasilkan uang dengan dijual kembali. Tentu itu sangat membantu perekonomian keluarga,” ujar Ernawati.

Selain diajarkan cara bercocok tanam, para ibu-ibu peserta penyuluhan juga diberikan sayur sawi hidroponik yang bisa ditanam di rumah masing-masing.

“Kami sudah ajarkan caranya, dan kami berikan bibitnya agar ibu-ibu bisa langsung menanam di rumah,” kata dia.

“Kami juga terinspirasi dari sosok Pak Ganjar Pranowo yang selama ini sangat peduli dengan perempuan, apabila mak-mak,” ucap dia.

Rahmawati (32), salah satu ibu-ibu peserta penyuluhan mengaku senang bisa terlibat dalam acara Mak Ganjar.

Dia pun berterima kasih karena mendapatkan ilmu baru dan bisa menanam sayuran hidroponik.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network