Profil Arnold Van Der Vin, Pemain Naturalisasi Pertama Timnas Indonesia

Reynaldi Hermawan
Arnold van der Vin pemain naturalisasi pertama Timnas Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id- Proses naturalisai pemain PSSI tak hanya terjadi pada era modern saja. Agenda ini sudah dilakukan sejak masa awal kepengurusan. Tapi tak banyak yang tahu jika Arnold Van Der Vin merupakan pemain naturalisasi pertama Timnas Indonesia

PSSI menaturalisasi empat pemain berkewarganegaraan Belanda yaitu Van der Berg, Piteersen, Pesch, Boelard van Tuyl dan Arnold van der Vin pada era 50an silam. Tapi nama terakhir yang paling diingat pencinta sepak bola Tanah Air lantaran pernah memperkuat Timnas Indonesia.

Pemain yang berposisi sebagai kiper ini melakukan debutnya di Timnas Indonesia pada 1952 melawan Hong Kong. Debut Van der Vin berakhir manis.

Dia berhasil mencatatkan clean sheet dan membawa Timnas Indonesia menang 1-0. Total Van der Vin membuat 15 pertandingan untuk Timnas Indonesia sepanjang karier.

Sebelum masuk Timnas Indonesia, Van der Vin bermain di level klub bersama Klub Belanda Excelsior yang bermarkas di Surabaya. Dia sana dia bermain pada periode 1939-1948.

Setelahnya Van der Vin berseragam Persija Jakarta. Dia yang membawa Macan Kemayoran juara perserikatan.

Sayangnya Van der Vin harus kembali ke negaranya akibat kebijakan Anti-Belanda Presiden Soekarno. Dia melanjutkan karier di Belanda memperkuat Fortuna 54 yang kemudian berubah menjadi Fortuna Sittard dari 1954 sampai 1955.

Baru setelah itu Van der Vin kembali ke Indonesia dan berseragam PSMS Medan. Van der Vin kemudian mengakhiri kariernya di Klub Malaysia Penang FA pada 1963.

 

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network