Perkuat Jaringan Listrik Kaltim-Kaltara, PLN UIP KLT Bangun SUTT 150 kV Sangatta-Wahau

Mukmin Azis
PLN UIP KLT melalui Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 2 (PLN UPP KLT 2) kembali menyambungkan sistem interkoneksi Kaltim-Kaltara melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) berkapasitas 150kV.(Foto: ist)

KUTAI TIMUR, iNewsBalikpapan.id – Setelah suksesnya pembangunan beberapa proyek infrastruktur ketenagalistrikan di Kutai Timur, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) melalui Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 2 (PLN UPP KLT 2) kembali menyambungkan sistem interkoneksi Kaltim-Kaltara melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) berkapasitas 150kV.

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menyampaikan bahwa saat ini interkoneksi sistem Kaltim – Kaltara sudah di support dari Tanjung Redeb ke Tanjung Selor melalui SUTT 150kV. Untuk perkuatan sistem kelistrikan agar semakin andal, dibangunlah jaringan mulai dari Kutai Timur hingga Tanjung Redeb. Jaringan transmisi yang saat ini dikerjakan yaitu SUTT 150kV Sangatta – Muara Wahau dengan total 326 tower dan panjang 250 kilometer sirkuit (kms). Pembangunan ini tentunya juga semakin menaikkan rasio elektrifikasi di Pulau Kalimantan.

”Progres pembangunannya saat ini dalam tahap pra konstruksi, tercatat sebanyak 326 menara tower akan dibangun untuk menyalurkan daya listrik dari Gardu Induk Sangatta yang ada di Sangatta Utara hingga Gardu Induk Muara Wahau untuk kemudian didistribusikan kepada konsumen. Melalui UPP KLT 2 rangkaian kegiatan dalam rangka pengadaan tanah sedang dilakukan secara paralel, seperti inventarisasi, sosialisasi rencana pembangunan dan juga musyawarah. Salah satunya dengan PT Tapian Nadenggan, dimana terdapat 25 titik lokasi tapak tower yang berada di area usaha perkebunan PT Tapian Nadenggan,” jelas Raja.



Editor : Mukmin Azis

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network