Program TJSL PLN UIP KLT Bantu Fasilitasi Sertifikat Halal 50 UMKM Kota Balikpapan

Mukmin Azis
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) beri dukungan berharga kepada 50 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Balikpapan. (Foto: Ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id – Lewat program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) beri dukungan berharga kepada 50 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Balikpapan dengan memfasilitasi proses sertifikasi halal.

Sosialisasi sertifikasi halal sendiri melibatkan beberapa pihak, seperti dari Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Universitas Mulawarman sebagai narasumber, PLUT Kaltim serta Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan sebagai pendamping UMKM.

General Manager PLN UIP KLT Raja Muda Siregar menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu intervensi program TJSL dengan judul Pembinaan UMKM Balikpapan Go Modern, Go Digital, Go Online yang sejalan dengan program nasional salah satunya untuk percepatan sertifikasi halal kepada seluruh UMKM guna memastikan keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kualitas produk UMKM.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu UMKM di Balikpapan dalam memperoleh sertifikat halal, yang mempunyai urgensitas tinggi dalam pasar dimana saat ini sangat memperhatikan standar kehalalan produk. Sertifikasi ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan konsumen tetapi juga akan membuka peluang pasar yang lebih luas bagi produk-produk lokal,” ujarnya.

Raja menjelaskan pihaknya sangat senang dapat berkontribusi dalam mendukung perkembangan UMKM di Balikpapan untuk dapat naik kelas. Program TJSL ini adalah bagian dari komitmen kami untuk memajukan ekonomi lokal dan mendukung pertumbuhan bisnis kecil. 

“Kami percaya bahwa dengan sertifikasi halal, produk-produk UMKM ini akan memiliki daya saing yang lebih baik di pasar,” tambah Raja.

Para pelaku UMKM yang terlibat dalam program ini adalah UMKM dengan produk makanan dan juga beberapa Rumah Potong Unggas (RPU) atau Rumah Potong Ayam (RPA) turut mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh PLN UIP KLT. 

Editor : Mukmin Azis

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network