2 Pesawat Tabrakan di Langit Sydney, 3 Orang Tewas

Maria Christina Malau
Kecelakaan pesawat di langit barat daya Sydney, Australia Sabtu (26/10/2024). (Foto: Sky News)

SYDNEY, iNewsBalikpapan.id - Dua pesawat ringan tabrakan di langit kawasan barat daya Sydney, AustraliaTiga orang tewas setelah kecelakaan mengerikan yang terjadi di sekitar Belimbla Park, dekat Oakdale, Sabtu (26/10/2024), sekitar pukul 11.50 waktu setempat itu.

Kecelakaan udara itu melibatkan pesawat Cessna 182 dan Jabiru. Polisi mengonfirmasi tiga orang ditemukan tewas setelah kedua pesawat yang tabrakan jatuh, sebelum pukul 3.30 sore. Polisi juga telah menetapkan dua tempat kejadian perkara di daerah tersebut. Namun, polisi belum menginformasikan identitas ketiga korban. 

Dilansir dari Sky News, rekaman udara yang diambil oleh 7NEWS menunjukkan asap tebal mengepul dari pegunungan di daerah Belimbla Park. Beberapa kru darurat, termasuk polisi, ambulans dan pemadam kebakaran, terlihat di lokasi kedua pesawat jatuh setelah kecelakaan, Sabtu sore.

Brigade Pemadam Kebakaran Perdesaan Oaks mengonfirmasi sejumlah kru telah dikerahkan ke lokasi pesawat tabrakan. Masyarakat diimbau untuk menghindari daerah tersebut karena penyelidikan masih berlangsung.

"Beberapa kru saat ini berkumpul di lokasi untuk melaporkan insiden pesawat. Harap menjauh dari area tersebut dan berhati-hatilah di sekitar kendaraan darurat," tulis brigade tersebut akun Facebook.

Penyebab 2 Pesawat Tabrakan

Penyebab kecelakaan kedua pesawat itu belum diketahui dan masih diselidiki oleh Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB). Saat ini, tim penyelidik keselamatan transportasi dari kantor ATSB di Canberra dikerahkan ke lokasi kecelakaan kedua pesawat untuk mengumpulkan bukti-bukti.

"Tim penyelidik keselamatan transportasi dari kantor ATSB di Canberra, dengan pengalaman dalam pengoperasian dan perawatan pesawat, sedang bersiap untuk dikerahkan ke lokasi kecelakaan kedua pesawat untuk memulai kegiatan pengumpulan bukti," demikian pernyataan ATSB.

ATSB mengatakan, selama beberapa hari mendatang, penyelidik akan melakukan pemetaan lokasi, memeriksa reruntuhan kedua pesawat dan menemukan komponen yang relevan untuk pemeriksaan lebih lanjut di fasilitas teknis ATSB di Canberra.

Penyidik ​​juga akan berusaha mewawancarai saksi dan pihak yang terlibat kecelakaan dua pesawatn dan mengumpulkan informasi tercatat yang relevan. Informasi tersebut termasuk data kontrol lalu lintas udara dan pelacakan penerbangan, catatan pilot, perawatan pesawat dan informasi cuaca.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network