Penumpang Selamat Bertambah, Korban KM Ladang Pertiwi 1 dievakuasi ke Kendari dan Banjarmasin

Antara
Penumpang KM Ladang Pertiwi 1 yang selamat dievakuasi oleh kapal TB Sabang 25. Foto: Ist/Basarnas Sulsel

MAKASSAR, iNews.id - Penumpang KM Ladang Pertiwi 1 yang ditemukan selamat dari insiden tenggelam di Selat Makassar bertambah menjadi 17 orang. Para korban tersebut selanjutnya dibawa ke Kendari dan Banjarmasin.

"Informasi yang kami dapat saat ini ada 17 orang (selamat)," ujar Kepala Basarnas Sulawesi Selatan (Sulsel) Djunaidi di Makassar, Sabtu (28/5/2022). 

Lebih lanjut disebutkan, 10 penumpang selamat telah dibawa ke Kendari. Sedangkan tujuh penumpang dibawa ke Banjarmasin. Djunaidi mengaku belum mendapat data pasti penumpang dalam kapal tersebut. Menurutnya, Basarnas Sulsel hanya bertugas melakukan penyelamatan setelah mendapat informasi kapal tenggelam.

Namun dari data yang diberikan kepada Basarnas Sulsel, jumlah penumpang kapal nahas itu berjumlah 43 orang. 

"Datanya orang syahbandar yang tahu. Kami hanya mencari saja," sambungnya.

Djunaidi menduga kapal tersebut tenggelam karena kehabisan bahan bakar di tengah cuaca buruk. Dia menyayangkan mengapa kapal dilepas berlayar di tengah cuaca ekstrem.

"Faktornya bisa jadi karena kebanyakan penumpang, kebanyakan barang, terus BBM-nya juga tidak cukup. Perjalanan ini mengapa juga dilepas," ujarnya.

Diketahui KM Ladang Pertiwi meninggalkan Pelabuhan Paotere, Makassar pada Kamis (26/5) pukul 13.00 WITA dan tenggelam pada Jumat (27/5) pukul 03.30 WITA. Namun, Basarnas Sulsel baru mendapat kapal tenggelam pada Sabtu (28/5) pagi.

Dari informasi yang dihimpun, sebanyak tujuh orang diselamatkan kapal TB Sabang 25, sembilan orang diselamatkan kapal TB Max, dan satu orang diselamatkan kapal TB Cipta.

Editor : Mukmin Azis

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network