get app
inews
Aa Read Next : Paruh Pertama Ramadhan, Total 8 Juta Muslim Tunaikan Ibadah Umrah

Jemaah Haji Perlu Waspada, Arab Saudi Bakal Diguyur Hujan Deras dan Badai

Sabtu, 18 Juni 2022 | 13:30 WIB
header img
Arab Saudi diperkirakan akan diguyur hujan lebat akhir pekan ini Foto: Okezone

RIYADH, iNews.id - Sebagian besar wilayah Arab Saudi, termasuk Kota Makkah dan Madinah, diperkirakan akan mengalami hujan lebat disertai badai sepanjang akhir pekan ini. Jemaah haji yang berada di Makkah dan Madinah perlu mewaspadai perubahan cuaca ini.

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, data dari Pusat Meteorologi Nasional (NCM) Arab Saudi, hujan badai diperkirakan terjadi hingga Minggu (19/6/2022). Wilayah yang yang diperkirakan terdampak adalah Jazan, Asir, Al Baha, dan Makkah.

"Angin aktif akan terus berlanjut di pantai Makkah, Madinah, Al Jawf, Hail, serta wilayah timur hingga meluas ke Riyadh," demikian laporan SPA.

Prakiraan cuaca ini dirilis setelah Saudi mengalami suhu panas yang ekstrem, yakni menembus 45 derajat Celsius pada Rabu lalu.

Cuaca di Arab Saudi sedang tak menentu. Bulan lalu negara Teluk tersebut dilanda badai pasir kemudian disusul fenomena kabut tebal di beberapa wilayah.

Badai pasir bukan fenomena asing di Arab Saudi, biasanya terjadi antara Maret dan Mei dengan intensitas bervariasi. Badai pasir terjadi dipicu degradasi tanah, kekeringan yang hebat, serta curah hujan yang rendah terkait perubahan iklim. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut