get app
inews
Aa Read Next : Universitas Balikpapan Dirikan Fakultas Kedokteran, Dukung Pelayanan Kesehatan di IKN Nusantara

Kena Diabetes? Coba Obati Dengan Daun Kelor, Bermanfaat Juga Buat Kecantikan Lho

Senin, 27 Juni 2022 | 21:00 WIB
header img
Daun kelor memiliki banyak manfaat, satu di antaranya pengobatan diabetes. Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id - Daun kelor atau Moringa dikenal memiliki berbagai manfaat, baik untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, belum banyak yang mengetahui segudang manfaat daun kelor serta bagaimana cara mengonsumsinya.

Daun kelor memiliki banyak kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Bahkan menurut beberapa penelitian, daun kelor bisa digunakan sebagai suplemen makanan.

Penasaran apa saja manfaat daun kelor? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber:

1. Pengobatan dan Pencegahan Diabetes

Manfaat daun kelor salah satunya mampu mengobati diabetes. Dalam sebuah penelitian, pria yang mengganti daging dalam makanan sehari-hari mereka dengan protein dari tanaman seperti kelor mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 18 persen.

2. Pengobatan dan Pencegahan Kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya yaitu bisa mengobati kanker. Daun kelor mengandung banyak senyawa antikanker, antara lain eugenol, niazimicin, dan isopropil isothiocyanate. Senyawa ini bersifat bioaktif, artinya memberikan manfaat kesehatan yaitu membunuh dan berpotensi mencegah kanker berkembang.

3. Nutrisi Kulit dan Rambut

Bukan hanya kesehatan, daun kelor juga bermanfaat untuk kecantikan, khususnya pada kulit dan rambut. Kandungan antioksidan dari daun kelor, ketika digunakan sebagai minyak pada kulit dan rambut dapat melawan polutan yang merusak.

4. Pencernaan

Jika anda mengalami permasalahan pada pencernaan, daun kelor memiliki banyak serat, yang mengatur sistem pencernaan. Kelor kaya akan serat larut dan tidak larut, dua jenis serat utama yang tidak hanya membantu mencerna makanan tetapi juga mencegah penyakit. Sekadar informasi, manfaat daun kelor juga bisa membantu melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, defisiensi sistem kekebalan, dan kondisi peradangan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut