get app
inews
Aa Read Next : Gelar Pelatihan Buat Kue Klepon Ubi, Mak Ganjar Kaltim Berdayakan Ibu-ibu di Kutai Kartanegara

Ibu Ini Terpaksa Jalan Kaki Sambil Gendong Anaknya Sejauh 3 Km Demi Berobat Ke Puskesmas

Rabu, 13 Juli 2022 | 14:14 WIB
header img
Sulastri (38) terpaksa berjalan kaki sambil menggendong anaknya sejauh tiga kilometer menuju Puskesmas. Foto: MNC Portal/Joni Nura

SIKKA, iNews.id - Seorang ibu bernama Sulastri (38) harus berjalan kaki sejauh tiga kilometer sambil menggendong anaknya yang sedang sakit ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayah Kepiketik, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

"Kami terpaksa jalan kaki sejauh tiga kilometer menuju puskesmas untuk berobat," kata Sulastri saat ditemui, Rabu (13/7/2022).

Warga Dusun Pigang, Desa Mahekelan Kecamatan Waigete itu terpaksa menempuh dengan jalan kaki sebab akses menuju puskesmas rusak parah. Kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas di jalan tersebut.

"Kendaraan tidak bisa lewat karena jalan rusak parah," katanya.

Kondisi tersebut juga dibenarkan oleh warga lainnya bernama Lorensius Lorens (38). Jalanan di kampungnya tidak bisa dilintasi motor dan mobil.

"Jalan rusak penuh tanjakan dengan medan yang terjal sejauh tiga kilometer. Sejak saya tinggal di kepiketik, ini sudah kali kesepuluh warga menggotong pasien ke puskesmas Waigete," kata dia.

Lorensisus mengaku upaya perbaikan jalan sudah diupayakan oleh masyarakat setempat melalui kerja bakti. Namun demikian, jalan yang telah diperbaiki kembali rusak saat musim hujan tiba.

Selain kerja bakti, warga juga telah berulangkali mengusulkan pembangunan jalan kepada pemerintah desa setempat, namun belum ada respon hingga saat ini.

"Sudah usulkan berulangkali ke desa, namun jawabannya hanya kata nanti," katanya.

Banyak warga yang mengalami kecelakaan saat melintas di jalan tersebut.

"Warga sering jatuh kalau lewat di jalan ini, sering terjatuh namun mau bagaimana lagi, ini akses satu-satunya menuju kota Maumere" katanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut