get app
inews
Aa Read Next : FIFA Tunjuk Cile Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025, Ambisi Indonesia Pupus

Daftar Negara di Dunia yang Banyak Dihuni Orang Indonesia, Bahkan Sampai Ke Eropa

Senin, 18 Juli 2022 | 19:21 WIB
header img
Beberapa negara di dunia yang banyak dihuni orang Indonesia. Foto: Freepik

JAKARTA, iNews.id – Worldmeter mencatat jumlah penduduk Indonesia pada 2022 mencapai 273.523.615 jiwa. Jumlah penduduk Indonesia yang begitu banyak rupanya tak hanya tersebar di dalam negeri, tapi juga sampai di luar negeri.

Inilah daftar negara di dunia yang juga banyak dihuni oleh orang Indonesia. Emigrasi ke berbagai negara di dunia tersebut dilakukan dengan berbagai alasan.

Negara mana sajakah itu?

Berikut tujuh negara yang cukup banyak dihuni orang Indonesia:

1. Malaysia

Malaysia menempati urutan pertama sebagai negara yang banyak dihuni oleh orang Indonesia. Diperkirakan ada 2,5 juta orang Indonesia yang tinggal di negeri Jiran.

Kebanyakan mereka bermigrasi ke Malaysia untuk bekerja atau kuliah.  Meski begitu, ada juga faktor historis yang menjadi alasan banyak orang Indonesia di Malaysia. Di antaranya adalah perpindahan orang-orang Bugis, Jawa dan lainnya ke wilayah Kesultanan Malaka dengan tujuan berdagang.

Selain itu, ada pula alasan untuk menyelamatkan diri. Ini dilakukan oleh orang-orang Mandailing dan Minangkabau yang bertujuan menghindari konflik Perang Paderi.

2. Suriname

Sekitar 15 persen dari total populasi di Suriname merupakan imigran Indonesia. Hal ini bermula dari masa penjajahan Belanda, yang saat itu mengirimkan sekitar 90 ribu orang Indonesia ke Suriname untuk menjadi buruh tani.

Mayoritas orang Indonesia yang dikirim kesana berasal dari pulau Jawa.

3. Arab Saudi

Diperkirakan ada 1,5 Juta orang Indonesia yang saat ini menetap di Arab Saudi. Mayoritas mereka bekerja atau berdagang di negara tersebut.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut