get app
inews
Aa Read Next : FIFA Tunjuk Cile Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025, Ambisi Indonesia Pupus

Ini Kerugian yang Harus Ditanggung AFF, Jika Indonesia Gabung EAFF

Senin, 08 Agustus 2022 | 22:41 WIB
header img
Dampak yang ditanggung AFF jika Timnas Indonesia gabung EAFF. (Foto: AFF)

JAKARTA, iNews.id – Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan menegaskan bahwa Indonesia tetap menjadi anggota AFF. Namun, apa saja dampak yang terjadi apabila Indonesia memang benar-benar keluar dari keanggotan AFF?

Isu rencana bergabungnya Timnas Indonesia ke Konfederasi Sepakbola Asia Timur atau EAFF, sempat santer tersiar. Kabar tersebut awalnya memanas oleh mencuatnya dugaan sepakbola gajah antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 pada Piala AFF U-19 2022 lalu, yang mengakibatkan gagalnya Timnas Indonesia U-19 lolos ke babak semifinal.

Meski dalam prosesnya, Komisi Disiplin (Komdis) AFF dan perwakilan AFC memutuskan bahwa pertandingan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 tidak melanggar fair play.

"Tentunya kita tetap (bertahan) di AFF, karena memang kita di kawasan ASEAN (Asia Tenggara)," jelas Mochamad Iriawan.

"Jadi, kita ganti saja (isunya), kita balas Vietnam dan Thailand seperti sekarang kita bisa menang (atas Vietnam U-16)," tegasnya seperti dikutip dari Okezone, Senin (8/8/2022).

Hijrahnya Timnas Indonesia ke EAFF tentu akan berimbas kepada AFF. Berikut ini adalah kerugian AFF jika Timnas hengkang ke EAFF.

1. Pamor Piala AFF Merosot

Kerugian pertama yang mungkin akan dirasakan oleh AFF jika Timnas mundur adalah menurunkan pamor Piala AFF. Indonesia bisa dikatakan sebagai pasar terbesar yang mengangkat pamor Piala AFF.

Hal ini dipengaruhi oleh antusiasme luar biasa dari suporter Indonesia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut