get app
inews
Aa Read Next : WhatsApp Down Bukan Hanya di Indonesia, Meta Upayakan Perbaikan

Wow! Ini Deretan Kaos Band Termahal di Dunia, Harganya Fantastis Tembus Ratusan Juta Rupiah

Minggu, 21 Agustus 2022 | 14:07 WIB
header img
Kaos Led Zeppelin, salah 1 dari 5 kaos band termahal di dunia, harganya ratusan juta rupiah. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Penggemar band-band terkenal terkadang memiliki kebiasaan mengumpulkan benda-benda yang berkaitan dengan grup band favoritnya. Salah satunya adalah kaos. 

Sebuah barang, termasuk kaos dari public figure ternama biasanya memiliki arti dan sejarahnya sendiri. Akibatnya, harganya pun menjadi mahal. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 5 kaos band termahal di dunia

5. Kaos Nirvana

Koas milik band rock Nirvana, In Utero dibuat khusus untuk angota kru yang akan menjadi tur atau album terakhir band ini dan yang diberikan kepada pengawal Kurt Cobain. Harganya kaos tersebut 6.989 dolar AS atau kurs saat ini sekitar Rp104 juta. 

Kaos ini menampilkan karya seni yang mirip dengan sampul pada rekaman In Utero di antara kata-kata Nirvana dan In Concert. Seperti John Lennon, karena kematian Kurt Cobain pada 1994, apa pun yang disentuh Kurt memiliki harga yang tinggi.

4. Kaos Rolling Stones

Pada 21 Agustus 1976, Rolling Stone melakukan pertunjukan terakhir di Hertfordshire's Knebworth Park. Seperti sweter tur 'Goats Head Soup', Rolling Stones membagikan kaos kepada kru tur mereka serta teman-teman, yang tidak dapat dibeli dari stan merchandise atau di mana pun. 

Yang luar biasa dari kaos Knebworth adalah karena menampilkan tiruan Obelix dari seri buku komik Prancis Asterix yang membawa batu besar bertuliskan 'Stones at Knebworth 76'. Pertunjukan Knebworth melegenda dalam karier Rolling Stones sehingga kaos ini dihargai 9.000 dolar AS atau Rp133,9 juta.

3. Kaos Led Zeppelin

Salah satu kaos band rock paling langka lainnya di dunia adalah milik Led Zeppelin, dengan harga 10.000 dolar AS. Jika dikonversi dengan kurs saat ini sekitar Rp148,75 juta. 

Kaos Led Zeppelin 1979 paling langka yang pernah diproduksi ini hanya dicetak dalam jumlah terbatas sebagai cara unik untuk menggantikan tiket belakang panggung konvensional untuk salah satu konser bersejarah band Knebworth House pada 1979. Penjualan kaos Led Zeppelin 1979 itu memecahkan rekor di eBay. 

Kaos tersebut dijual oleh Kyle Ermatinger dari Stormcrow Vintage. Harga tersebut menempatkannya sebagai kaos vintage paling langka dan termahal di dunia.

2. Kaos Run-DMC

Salah satu grup hip hop paling berpengaruh sepanjang masa, Run-DMC adalah salah satu band pertama yang benar-benar mewujudkan kolaborasi memonetisasi gaya hidup dan mode mereka dengan merchandise. 

Mereka terkenal karena memakai sepatu kets Adidas. Pada 1986, mereka merilis single My Adidas. Dalam kolaborasi DMC dan Adidas sebuah kaos dirilis menampilkan band dan merek untuk konser satu kali pada tahun yang sama. Hanya 1 dari 30 yang pernah dibuat, dengan perkiraan nilai 13.000 dolar atau Rp193,4 juta untuk yang asli.

1. Kaos The Beatles

Merchandise The Beatles menjadi salah satu yang termahal yang pernah ada. Salah satunya adalah koas band paling langka yang pernah ada, dengan harga 20.000 dolar AS dengan kurs saat ini sebesar Rp297,5 juta. 

Ini merupakan kaos promosi untuk sampul The Beatles yang kontroversial 'Yesterday and Today', yang menampilkan adegan mengejutkan dari John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr mengenakan mantel daging berdarah dengan daging mentah dan bagian boneka bayi di sekitarnya. Itu dimaksudkan untuk menjadi pernyataan tentang perasaan mereka terhadap perang, terutama Perang Vietnam. 

Jelas pesan ini hilang dari publik/arus utama yang baru saja melihat mereka tersenyum-senyum berlumuran darah. Setelah 1 hari penjualan, Capital Records menarik kembali rekaman dan merchandise, menjadikannya kaos paling kontroversial, langka dan paling dicari dalam industri musik. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut