Ini Daftar Pasukan Berani Mati dari Belahan Dunia, Siapa Terkuat?

Tim Litbang MPI , MNC Portal
.
Jum'at, 09 September 2022 | 09:16 WIB
(Foto : kopassus.mil.id)

JAKARTA, iNews.id - Pasukan berani mati rela melakukan hal-hal ekstrem dalam medan perang demi keberhasilan misi, tidak peduli jika hal yang mereka lakukan akan membuatnya kehilangan nyawa. Berikut daftar pasukan berani mati di dunia, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022) :

1. Kopassus

Komandan Pasukan Khusus atau yang disingkat Kopassus merupakan pasukan khusus yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Pasukan yang sering disebut Korps Baret Merah ini dibentuk pada 1952 dengan nama awal Kesatuan Komando Teritorium III. Mereka adalah prajurit yang mahir dan andal dalam setiap medan, baik darat, udara, maupun air.

Dalam operasi militer perang (OMP), Kopassus bertugas melakukan serangan langsung pada markas musuh untuk menghancurkan logisitik musuh, combat SAR, hingga operasi intelijen khusus. Sedangkan pada operasi militer selain perang (OMSP), Kopassus bertugas dalam memberikan bantuan kemanusiaan, operasi anti-insurjensi, separatisme dan pemberontakan, membantu kepolisian dalam menjaga keamanan, hingga membantu tim SAR dalam pengevakuasian bencana.

2. Kamikaze

Pasukan Kamikaze di Jepang identik dengan misi bunuh diri mereka. Popularitas Kamikaze muncul pada Perang Dunia II. Para pilot Kamikaze berani menjalankan misi dengan menabrakkan pesawat mereka ke kapal sekutu.

Sayangnya, keberanian mereka mendapat pandangan tidak baik pasca Perang Dunia usai. Berbagai stigma burruk melekat pada mantan pilot Kamikaze, salah satunya adalah “Sindrom Serangan Khusus”. Banyak yang menilai bahwa yang dilakukan mereka adalah satu hal yang gila dan sembrono.

3. Spetsnaz

Spetsnaz merupakan satu kesatuan khusus Rusia yang terdiri dari Angkatan Laut, Angkatan Udara, hingga anggota intelijen Rusia. Spetsnaz merupakan pasukan elite utama di antara banyaknya pasukan elite Rusia.

Selain kemampuan perang, para personel juga diwajibkan untuk memiliki kemampuan intelijen. Kemampuan ini menjadi sebuah keharusan karena mayoritas misi yang mereka jalani akan dilakukan secara diam-diam. Terlebih lagi, mereka juga bertugas dalam misi pengintaian hingga sabotase. Kehebatan personel Spetsnaz bahkan diakui oleh Mark Giaconia, personel pasukan elite Angkatan Darat Amerika Serikat.

4. Gurkha

Gurkha merupakan pasukan Nepal yang menjadi bagian dari kemiliteran Inggris. Walaupun begitu, pasukan Gurkha awalnya merupakan musuh Kerajaan Inggris.

Ketika Inggris mendeklarasikan perang terhadap Nepal, pasukan Inggris yang terkesan dengan perjuangan Gurkha mengajak mereka untuk bergabung. Menjadi pasukan khusus tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk menjadi pasukan Gurkha, ribuan remaja harus melewati serangkaian tes yang berat, salah satunya adalah lari menanjak sejauh 5 kilometer sambil membawa keranjang anyaman yang diisi dengan 25 kilogram batu dan pasir. Mereka harus melewati itu dalam waktu kurang dari 46 menit.

5. French Foreign Legion

Legion d’Etrangere atau Legiun Asing Prancis merupakan bagian dari Angkatan Darat Prancis yang legendaris. Legiun Asing Prancis menerima personel dari berbagai negara.

Pada Perang Dunia I dan II, banyak anggota legiun yang berasal dari daerah Indo-China, termasuk Indonesia. Di era modern, anggota legiun asal Asia banyak yang berasal dari Jepang.

Ketika seseorang tergabung dalam Legiun Asing Prancis, mereka akan ditanamkan sikap “bertarung sampai mati”. Para personel yang telah mengabdi selama tiga tahun dapat mengajukan diri sebagai warga negara Prancis. Namun, ada cara cepat bagi mereka yang ingin mendapat kewarganegaraan ebih cepat. Mereka yang terluka dalam medan perang dapat secara otomatis mendapatkan warga negara melalui ketentuan "Français par le sang versé" (Prancis dengan tumpahan darah). (Diolah dari berbagai sumber/Litbang MPI/Mirsya Anandari Utami)

Editor : Mukmin Azis
Bagikan Artikel Ini