get app
inews
Aa Read Next : Kapal Selam Tenaga Nuklir China Dilaporkan Tenggelam di Laut Kuning, 55 Tentara Dilaporkan Tewas

Amerika Teken Penjualan Radar dan Rudal ke Taiwan 

Sabtu, 03 September 2022 | 08:07 WIB
header img
Rudal Sidewinder. (Foto: military-today.com)

WASHINGTON, iNews.id - Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan peralatan militer senilai 1,1 miliar dolar ke Taiwan. Peralatan militer tersebut di antaranya 60 rudal anti-kapal dan 100 rudal udara-ke-udara.Informasi ini disampaikan Pentagon, Jumat (2/9/2022).

Paket itu diumumkan setelah latihan militer agresif China di sekitar Taiwan pasncakunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi. 

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon mengatakan, penjualan tersebut termasuk Rudal Sidewinder dan peralatan terkait dengan biaya sekitar 85,6 juta Dolar AS.

Ada juga Rudal Harpoon dan peralatan terkait dengan biaya sekitar 355 juta Dolar AS. Terakhir dukungan untuk program radar pengawasan Taiwan dan peralatan terkait dengan perkiraan biaya 665,4 juta Dolar AS. 

"Penjualan ini mencerminkan dukungan berkelanjutan dari pemerintahan Presiden Joe Biden untuk Taiwan dalam menghadapi tekanan dari China," katanya dalam pernyataan. 

China tidak pernah mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk menjadikan pulau yang diperintah secara demokratis itu di bawah kendalinya. Sebaliknya, Taipei mengatakan China tidak pernah menguasai pulau itu dan tidak memiliki hak untuk mengklaimnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut