Tepis Anggapan Boros, Kementerian ESDM Pastikan Pertalite Penuhi Standar RON 90

Mochamad Rizky Fauzan
.
Kamis, 06 Oktober 2022 | 10:47 WIB
Kementerian ESDM memastikan Pertalite memenuhi standar dan mutu BBM RON 90. (Foto: Ist/dok. Pertamina)

JAKARTA, Balikpapan.iNews.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan Pertalite memenuhi standar dan mutu bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin RON 90 dalam negeri. Hal tersebut terungkap melalui pengujian sampel di sejumlah SPBU menanggapi viralnya isu Pertalite boros usai kenaikan harga beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji melalui keterangan resmi pada Kamis, (6/10/2022) , menyatakan spesifikasi Pertalite yang dipasarkan sesuai dengan keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017.

“Dengan ini tidak terindikasi adanya batasan mutu off-spec. Semuanya on-spec,” tegasnya.

Sebelumnya Ditjen Migas Kementerian ESDM melakukan uji teknis terkait standar dan mutu Pertalite. Terkait dengan itu, Lemigas diminta menghimpun sejumlah sampel Pertalite dari sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jakarta.

Pada tahap awal, Lemigas mengambil sampel dari 6 SPBU yakni SPBU Lenteng Agung, 2 SPBU di kawasan Taman Mini, SPBU Abdul Muis, SPBU di Sunter, dan SPBU di S. Parman. Sampel tersebut kemudian diuji di Balai Besar Pengujian Migas Lemigas Direktorat Jenderal Migas. 

"Dengan prosedur dan standar pengujian yang baku untuk 19 parameter uji,” kata Tutuka.  

Dia menuturkan, pemerintah akan melanjutkan pengawasan terhadap standar dan mutu BBM untuk mendapatkan kepastian mutu BBM di dalam negeri, dengan memperhatikan perkembangan teknologi, kemampuan produsen, kemampuan dan kebutuhan konsumen, keselamatan, dan kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan hidup. 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " ESDM Uji Sampel Pertalite di SPBU Jakarta setelah Disebut Lebih Boros, Ini Hasilnya ", Klik untuk baca:

https://www.inews.id/finance/bisnis/esdm-uji-sampel-pertalite-di-spbu-jakarta-setelah-disebut-lebih-boros-ini-hasilnya.

Editor : Mukmin Azis
Bagikan Artikel Ini