get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Drone Ukraina Serang Rusia saat Pilpres

Gara Gara Invasi Rusia, Ekonomi Ukraina Anjlok 30 Persen

Minggu, 09 Oktober 2022 | 12:47 WIB
header img
Imbas invasi Rusia, Ekonomi Ukraina anjlok 30 persen (Foto : Reuters)

KYIV, iNews.id - Ekonomi Ukraina anjlok sekitar 30 persen pada tiga kuartal pertama 2022 dibanding periode yang sama tahun lalu. Kementerian Ekonomi Ukraina menyebut, penurunan ini sebagian besar disebabkan invasi Rusia ke negaranya.

Mengutip Reuters, selain invasi, cuaca buruk pada September turut memperlambat laju panen dan mempengaruhi pergerakan ekonomi Ukraina, seperti halnya gangguan pasokan dari pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia. Ukraina dan Rusia saling menuduh menembaki fasilitas itu.

Sementara, ekspor pada bulan September melonjak 23 persen dari Agustus ke level tertinggi sejak perang dimulai pada bulan Februari. Salah satu yang mempengaruhi kenaikan ini adalah kesepakatan yang ditengahi internasional yang memungkinkan pengiriman biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam.

"Situasi di garis depan membaik pada September, tetapi musuh terus menembaki wilayah Ukraina, yang memberi tekanan pada sentimen bisnis dan logistik," tulis keterangan Kementerian Ekonomi dikutip, Minggu (9/10/2022).

Kementerian Ekonomi mengatakan, penghancuran beberapa fasilitas produksi, infrastruktur, tempat tinggal, hingga ketidakpastian tentang berapa lama perang akan berlangsung turut menghambat pembangunan dan menunda pemulihan ekonomi Ukraina. 

Pada bulan Juli, Bank Sentral Ukraina mengatakan, ekonomi dapat menyusut sepertiga pada tahun 2022 dan diperkirakan akan tumbuh antara 5 persen dan 6 persen pada tahun 2023 dan 2024.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ekonomi Ukraina Anjlok 30 Persen Imbas Invasi Rusia ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/makro/ekonomi-ukraina-anjlok-30-persen-imbas-invasi-rusia. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut