get app
inews
Aa Read Next : Kelistrikan di IKN, Dirjen Gatik Pastikan Progres Berjalan Lancar

Badan Otorita Persiapkan Zona Khusus Menampung Investasi Skala Besar di IKN Nusantara

Rabu, 19 Oktober 2022 | 09:30 WIB
header img
Badan Otorita menyiapkan zona khusus bagi investasi skala besar di IKN Nusantara. (Ist/ dok. Tim Transisi IKN)

JAKARTA, iNews.id - Badan Otorita Ibukota Negara (IKN) memperisapkan zona khusus bagi investasi skala besar di Nusantara. Zona khusus di kawasan IKN tersebut, akan dikelola langsung oleh investor di bawah pengawasan Badan Otorita IKN.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono kembali menegaskan, pembangunan IKN Nusantara terbuka luas bagi investor, baik dalam skala besar maupun kecil. Sebab 80 persen komposisi pendanaan IKN bersumber dari investasi.

"Kalau ada (investor) yang lebih besar, misal dari UEA, kita tawarkan zona, nantinya mereka akan mengelola. Misalnya 2.000 hingga 7.000 hektare, dan kita akan melihat bagaimana desainnya di  zona ini," ujarnya usai penjajakan pasar IKN Nusantara, Selasa (18/10/2022).

Selanjutnya Otoritas memberi dukungan infrastruktur sebagai akses bagi investor yang tertarik untuk membuka zona tersebut.

"Sehingga nanti (investor) bisa mengatur sendiri (zona tersebut), ada yang mau bikin misalnya lapangan golf, sirkuit, atau mau bikin lapangan bola itu akan kita tampung, mau di mana (zonanya)," ujar Bambang.

Saat ini, Otorita IKN kata Bambang fokus pada tahapan menjaring minat Investor dalam negeri untuk berinvestasi pada pembangunan fasilitas pendukung di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). Proses pembangunannya ditargetkan rampung pada 2024 mendatang.

"Ini kesempatan yang langka, tanpa kita bersama-sama membangun kota ini mungkin kota ini akan memiliki satu soul atau satu jiwa yang lain, jika kita sama-sama membangun kota ini, mari kita mengukir sejarah dengan membangun Nusantara," tuturnya.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Otorita IKN Tawarkan Zona Khusus untuk Investasi Skala Besar ", Klik untuk baca:

https://www.inews.id/finance/bisnis/otorita-ikn-tawarkan-zona-khusus-untuk-investasi-skala-besar

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut