get app
inews
Aa Read Next : Polling Pilpres AS 2024, Kamala Harris Ungguli Trump

Presiden China Xi Jinping Akan Bertemu Joe Biden di KTT G20 di Bali

Jum'at, 11 November 2022 | 17:58 WIB
header img
Presiden China Xi Jinping akan bertemu mitranya dari Amerika Serikat, Joe Biden, di sela KTT G20 di Bali, pekan depan. (Foto:Reuters)

BEIJING, iNews.id - Presiden China Xi Jinping akan bertemu mitranya dari Amerika Serikat, Joe Biden, di sela KTT G20 di Bali, pekan depan. Ini akan menjadi pertemuan tatap muka pertama kedua pemimpin sejak Biden menjadi presiden AS.

Biden sebenarnya pernah bertemu tatap muka dengan Xi, namun saat itu dia berstatus wakil presiden AS di masa pemerintahan Presiden Barack Obama. 

Gedung Putih menyatakan sebelumnya, Biden akan bertemu dengan Xi pada Senin (14/10/2022). Itu berarti sehari sebelum pertemuan puncak yang berlangsung 15-16 November.

Pertemuan kedua pemimpin sangat penting di tengah memburuknya hubungan China dan AS, dipicu beberapa isu, seperti terkait perdagangan dan teknologi, hak asasi manusia (HAM) di Xinjiang, dan yang paling hantat adalah krisis Taiwan.

Kedua pihak bisa memanfaatkan pertemuan tersebut untuk mencari titik temu, mengidentifikasi bidang-bidang kerja sama yang mungkin dilanjutkan, serta mencairkan hubungan. 

Selain Biden, Xi juga akan bertemu dengan mitranya dari Prancis, Emmanuel Macron. Setelah itu Biden akan melanjutkan perjalanan ke Thailand untuk mengikuti KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Joe Biden Akan Bertemu Xi Jinping di Bali "

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut