get app
inews
Aa
Read Next : KPU Balikpapan Targetkan 200 Ribu Kertas Suara Sehari, Libatkan 150 Petugas Pelipatan

Pemerintah Daerah Diminta Wajib Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif

Kamis, 17 November 2022 | 17:19 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi IX Hetifah Sjaifudian dalam kegiatan sosialisasi penerapan UU 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif di Hotel Royal Suite Balikpapan, Kamis (17/11/2022). (Foto: istimewa)

BALIKPAPAN, iNews.id- Pemerintah daerah harus berpartisipasi aktif dalam mendukung upaya peluang pengembangan ekonomi kreatif (e kraft).

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi IX Hetifah Sjaifudian dalam kegiatan sosialisasi penerapan UU 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif di Hotel Royal Suite Balikpapan, Kamis (17/11/2022). 

 "Jadi Juli 2023 itu sudah diatur akan dilaksanakan, makanya kita sekarang sosialisasi dahulu," kata Hetifah 

Lanjut dia, paling tidak secara kelembagaannya sudah mulai disiapkan termasuk dari komunitas. Kemudian juga dari sisi anggarannya, karena tidak mungkin hanya mengandalkan APBN.

"Mungkin sekarang e kraf masih dipandang sebelah mata tapi dengan ada undang-undangnya, sekarang perlu juga difasilitasi. Termasuk untuk kekayaan intelektual," ucapnya.

Jadi untuk mempersiapkannya, menurut Hetifa, semua pihak yang terlibat harus satu langkah dengan pemerintah, termasuk juga perguruan tinggi juga dalam menghasilkan tenaga-tenaga di bidang e kraf. 

Dengan mendorong potensi e kraf ini, diharapkan juga dapat mendorong perekonomian di daerah khususnya di Kalimantan Timur yang akan menjadi wilayah ibukota negara.

Diantaranya dengan peningkatan event-event di daerah yang tentunya akan banyak melibatkan pelaku e kraf. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut