get app
inews
Aa Read Next : Gempa Terkini Magnitudo 6,5 Guncang Garut

Korea Selatan Kucurkan Bantuan Rp7,84 Miliar Buat Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 16:40 WIB
header img
Halaman RSUD Cianjur dipadati korban gempa. (Foto: Antara)

SEOUL, iNews.id - Indonesia bakal mendapat kucuran bantuan dari Korea Selatan sebesar 500.000 dolar AS (Rp7,84 miliar) untuk pengangan para korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Rencana penyaluran bantuan tersebut dikonfirmasi Kementerian Luar Negeri Korea Selatan melalui pernyataan pada Selasa (22/11/2022).

“Pemerintah Korea akan terus memberikan bantuan kemanusiaan bagi negara dan masyarakat yang terkena bencana alam,” bunyi pernyataan tersebut.

Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur pada Senin (21/11/2022). Guncangan gempa terdeteksi di kedalaman 10 km yang getarannya turut dirasakan hingga ke daerah-daerah lain di sekitarnya.

Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi menerangkan, data yang dihimpun sementara mencatat 162 korban meninggal dunia akibat gempa kemarin. Di samping itu, ada ratusan orang mengalami luka-luka dan belasan ribu lainnya mengungsi.

“Luka-luka 326 orang, pengungsi ada 13.784 orang kerusakan rumah dan bangunan 2.345 unit,” ungkap Henri.

Ia juga menyampaikan, tim SAR menghadapi kendala dalam proses penyelematan dan pencarian karena tersebarnya wilayah dan perkampungan yang terdampak.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut