get app
inews
Aa
Read Next : Peringatan Hari Pers Nasional, Pertamina Bersama PWI Edukasi Literasi Media ke Sekolah

PT Kilang Pertamina Internasional Sukses Gelar Major Emergency Drill Level 2

Kamis, 24 November 2022 | 09:46 WIB
header img
Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sukses melaksanakan major emergency drill level 2, Selasa (22/11/2022). (Foto: HO Pertamina)

BALIKPAPAN, iNews.idPertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sukses melaksanakan major emergency drill level 2, Selasa (22/11/2022). Simulasi skala besar ini melibatkan sekitar 300 orang baik dari internal Pertamina, pemerintah daerah dan masyarakat.

GM PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho menerangkan, skenario keadaan darurat yang disimulasikan adalah kebakaran 2 tangki minyak akibat sambaran petir yang kemudian disusul dengan lepasnya minyak ke permukiman warga.

"Industri yang dikelola KPI Unit Balikpapan merupakan industri yang memiliki resiko tinggi. Oleh karena itu penerapan aspek HSSE merupakan hal yang utama. Namun, kita perlu memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi semua resiko yang mungkin terjadi," katanya.

Latihan ini menurut Bayu merupakan bentuk evaluasi kesiapsiagaan dan kemampuan yang dimiliki baik dari sisi personil maupun peralatan yang dimiliki oleh KPI Unit Balikpapan.

"Dalam simulasi ini kita juga melibatkan sumber daya Pertamina Group di Kota Balikpapan untuk membantu proses penanganan," kata Bayu.

Bayu menjelaskan bahwa KPI Unit Balikpapan telah memiliki mitigasi beberapa kejadian kedaruratan yang mungkin terjadi.

"Kesiapsiagaan prosedur, peralatan, sumber daya manusia dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan merupakan hal yang senantiasa perlu dipersiapkan," ungkap Bayu.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations and CSR KPI PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin mengatakan bahwa dalam simulasi kali ini, KPI Unit Balikpapan juga melibatkan masyarakat di pemukiman atas air Kelurahan Margasari.

"Simulasi kali ini kita juga melibatkan masyarakat khususnya warga Kelurahan Margasari untuk mengikuti simulasi. Sekitar 40-an masyarakat terlibat," kata Chandra.

PT KPI Unit Balikpapan sendiri telah memiliki mitra binaan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah.

"Dalam simulasi kali ini, KSB dan Pemeritah Kelurahan Margasari berperan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat. Peran lain yang diperankan adalah membantu proses evakuasi masyarakat," jelas Chandra.

Pelibatan KSB dalam kegiatan latihan mendapat dukungan dari KSB Margasari.

"Hal ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa. Kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada warga apabila terjadi bencana atau terjadi kedaruratan, masyarakat bisa siap dan dapat melakukan tindakan atau respon yang seharusnya," kata Ketua KSB Kelurahan Margasari Abdal.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut