Logo Network
Network

Telkom Siap Dukung Infrastruktur dan Layanan Digital di IKN Nusantara sebagai Smart City Modern

Mukmin Azis
.
Rabu, 30 November 2022 | 18:28 WIB
Telkom Siap Dukung Infrastruktur dan Layanan Digital di IKN Nusantara sebagai Smart City Modern
Irwan Indriastanto ST, Deputi EVP Infrastruktur Telkom Regional VI. (Foto: iNewsBalikpapan.id/Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk siap mendukung penuh penyediaan infrastruktur dan layanan digital di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. TelkomGroup mendukung IKN Nusantara menjadi smart city yang modern.

" Kesiapan kami dari Telkom untuk mendukung IKN kami sudah sangat siap bahkan boleh dibilang lebih dari siap," kata Irwan Indriastanto ST, Deputi EVP Infrastruktur Telkom Regional VI, Rabu (30/11/2022). 

Dia mengungkapkan, persiapan Telkom mendukung IKN menyangkut beberapa hal. 
Rencana pembangunan tersebut mencakup dari tiga domain bisnis digital diantaranya connectivity, platform dan services yang bersinergi dengan seluruh anak perusahaan dan juga pemerintah. 

"Kami punya 3 hal yang kami siapkan, antara lain terkait dengan konektifitas atau saluran informasinya dulu dan komunikasinya meliputi transform, backbone, jaringan akses, wifi, satelit, kami akan siapkan," ungkap dia. 

Saat ini cakupan infrastruktur jaringan Telkom di sekitar wilayah IKN Nusantara, tepatnya di Kecamatan Sepaku tercatat telah memiliki 173 ODP dan sangat memungkinkan untuk pengembangan lebih lanjut.

"Kami juga bangun platform platform seperti data center, security dan I ot, " bebernya. 

Lanjut Irwan, tentunya ini menjadi tugas besar sekaligus kebanggaan bagi TelkomGroup dapat turut serta mendukung digitalisasi smart city di IKN Nusantara. 

"Di ujungnya ada servis yang nanti akan kami delivered berupa smartcity untuk IKN kemudian di sekeliling IKN ada smart village, seperti yang sudah kami luncurkan yaitu fasilitas digital community center  dan data center news di kawasan Sepaku," urai dia. 

Saat ini di IKN sendiri sudah dilayani dengan kabel backbone utama guna memastikan supaya jaringan di IKN aman. 

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini