get app
inews
Aa
Read Next : Promosikan Judi Online, YouTuber Ferdian Paleka Divonis 8 Bulan Penjara

Penampakan Agus Sujatno, Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Rabu, 07 Desember 2022 | 19:40 WIB
header img
Agus Sujatno alias Agus Muslim (34), pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Rabu (7/12/2022), ternyata warga Kelurahan Cibangkong. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNewsBalikpapan.id - Agus Sujatno alias Agus Muslim (34), pelaku bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Rabu (7/12/2022), ternyata warga Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Dia lahir dan besar di permukiman padat penduduk itu.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Agus Sujatno lahir di Bandung 24 Agustus 1988. Dia menghabiskan masa kecil dan remaja di Cibangkong.

Seno Parwoto, warga Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung mengatakan, terkejut setelah mengetahui terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, merupakan warga Cibangkong.

"Terduga pelaku AS diketahui sudah lama tidak tinggal kawasan Cibangkong. Dia terakhir di rumahnya (di Cibangkong) saat masih bersekolah," kata Seno Parwoto. 

Selama tinggal di Cibangkong, ujar Seno Parwoto, Agus Sujatno alias Agus Muslim, memiliki kepribadian terbuka dengan teman sebaya. Namun, setelah lulus sekolah, Agus Sujatno sempat menghilang.

"Agus Sujatno sempat bekerja menjadi penjaga warnet. Terduga pelaku tidak pulang ke rumahnya (di Cibangkong) selama bertahun-tahun," ujar Seno Parwoto.

Diberitakan sebelumnya, Agus Sujatno alias Agus Muslim, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, pernah terlibat aksi terorisme. Dia dihukum selama empat tahun karena terlibat teror bom panci di Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung pada 2017. 

Bahkan Agus dijebloskan ke lapas dengan pengamanan supermaksimum Lapas Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Setelah menjalani hukuman, Agus Muslim bebas pada 2021. Sejak bebas, Agus Muslim menetap di Sukoharjo, Jawa Tengah. Dia sehari-hari menjadi juru parkir di sebuah rumah makan terkenal di Manahan, Solo.

Identitas pelaku diketahui, berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan identifikasi yang dilakukan kepolisian. Sidik jari pelaku peledakan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, identik dengan Agus Jarno alias Agus Muslim, eks napi terorisme, Rabu (7/12/2022). 

"Dari hasil pemeriksaan siidk jari identik menyebutkan bahwa identitas pelaku adalah Agus Sujatno atau Agus Muslim. Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom panci di Cicendo, Kota Bandung," tutur Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut