get app
inews
Aa Read Next : 22 Jenazah Pendaki Korban Erupsi Gunung Marapi Sudah Diserahkan

Deretan Gunung di Kalimantan Timur, Ekstrem dan Jarang Terjamah Pendaki

Kamis, 08 Desember 2022 | 21:04 WIB
header img
Deretan gunung di Kalimantan Timur berikut. Sebagian besar jarang terjamah pendaki karena aksesnya sulit. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Walaupun ketinggiannya kalah dari gunung-gunung di Sumatera dan Jawa, namun gunung di Kalimantan Timur ini tak mudah untuk didaki. Belum lagi akses pendakian sulit dilalui. 

Berikut ini deretan gunung gunung yang berada di Kaltim dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat sekitar. Berikut daftar gunung di Kalimantan Timur sebagaimana iNewsBalikpapan.id rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022).

Daftar Gunung di Kalimantan Timur

1. Gunung Cemaru

Gunung Cemaru memiliki ketinggian 1.681 mdpl. Lokasinya berada di Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, berbatasan dengan Malaysia.

Gunung ini diketahui merupakan hulu dari Sungai Mahakam. Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur sepanjang 920 km dan bermuara di Selata Makassar.

2. Gunung Liangpran

Gunung Liangpran merupakan salah satu gunung di Kalimantan Timur dan memiliki ketinggian 2.240 mdpl. Letaknya berada di Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Kutai Barat.

Flora yang tumbuh di gunung tersebut sebagian besar jenis anggrek. Selain itu, hutan yang tumbuh pada gunung tersebut masih asri.

Sebab, belum banyak pendaki yang mau menaklukkan Gunung Liangpran. Sebab, dibutuhkan biaya yang cukup banyak untuk menuju lokasi tersebut.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut