Logo Network
Network

Gempa Terkini Magnitudo 4,9 Guncang Jayapura, BMKG Catat ada 54 Kali Guncangan Susulan

Ariedwi Satrio
.
Senin, 02 Januari 2023 | 13:29 WIB
Gempa Terkini Magnitudo 4,9 Guncang Jayapura, BMKG Catat ada 54 Kali Guncangan Susulan
Jayapura, Papua diguncang gempa bumi Magnitudo 4,9 Senin (2/1/2023) dini hari. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id -Jayapura, Papua diguncang gempa bumi Magnitudo 4,9 Senin (2/1/2023) dini hari. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa susulan sudah terjadi hingga 54 kali.

"Gempa susulan di Jayapura sudah 54 kali," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Senin (2/1/2023).

BMKG menerima laporan rumah, hotel hingga rumah sakit di Jayapura mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi pukul 03.24 WIT atau 01.24 WIB. Warga Jayapura diminta untuk waspada karena gempa susulan masih berpotensi terjadi.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan terasa di Kota dan Kabupaten Jayapura dengan skala IV-V MMI hingga menimbulkan kerusakan ringan pada beberapa rumah warga," katanya.

Berdasarkan hasil analisis dan kajian cepat BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 2.53 LS dan 140.74 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 kilometer arah timur laut Kota Jayapura, Papua. Kedalaman gempa cukup dangkal yakni 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal diduga diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif yang melintasi Jayapura," ujar Daryono.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.