get app
inews
Aa Read Next : Bukan Cuma Uzbekistan, Ini Daftar Tim yang Pemainnya Ketahuan Hirup Amonia

Bantu Perang Lawan Rusia, Prancis Kirim Kendaraan Tempur Ringan ke Ukraina

Kamis, 05 Januari 2023 | 06:45 WIB
header img
Prancis akan mengirimkan bantuan militer kepada Ukraina dalam bentuk kendaraan tempur lapis baja ringan AMX-10 RC.

PARIS, iNewsBalikpapam.id - Prancis akan mengirimkan bantuan militer kepada Ukraina dalam bentuk kendaraan tempur lapis baja ringan AMX-10 RC. Ada kemungkinan juga untuk pengiriman kendaraan perang jenis lain.  

Hal ini disampaikan Presiden Prancis Emmanuel Macron kepada pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky melalui panggilan telepon. Dia mengatakan kendaraan tempur lapis baja ringan AMX-10 RC ini untuk membantu dalam perang melawan Rusia.

Seorang pejabat Prancis pada Rabu (4/1/2023) yang mengetahui informasi tersebut mengatakan, ini merupakan kali pertama kendaraan lapisan baja buatan Barat dikirim ke Kiev.

“Ini adalah pertama kalinya kendaraan lapis baja buatan Barat dikirimkan untuk mendukung tentara Ukraina,” kata pejabat itu.

“Ini adalah sesuatu yang mengirimkan sinyal yang jelas ke semua mitra kami – tidak ada alasan rasional mengapa Ukraina belum dipasok dengan tank Barat,” katanya dalam sebuah pidato video.

Dia mengatakan, agresi Rusia harus berakhir tahun ini. Kendaraan lapis baja Barat modern dan tank tipe Barat adalah aset utama yang dibutuhkan Ukraina.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Telegram, Zelensky juga mengatakan kedua pemimpin telah menyetujui kerja sama lebih lanjut untuk memperkuat pertahanan udara dan kemampuan pertahanan lainnya secara signifikan.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut