get app
inews
Aa Read Next : Duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Unggul di Simulasi Capres-Cawapres Survei SMRC

Ridwan Kamil Temui Edy Rahmayadi, Bahas Dorong Perekonomian Daerah

Selasa, 31 Januari 2023 | 23:33 WIB
header img
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menemui Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Pertemuan itu dilakukan di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Diponegoro, Kota Medan, Selasa (31/1/2023). (Foto: Wahyudi Aulia Siregar/MNC Portal)

MEDAN, iNewsBalikpapan.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menemui Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Pertemuan itu dilakukan di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Diponegoro, Kota Medan, Selasa (31/1/2023). 

Selain untuk memenuhi undangan jamuan makan malam, Ridwan Kamil datang bersama sejumlah stafnya serta manajemen Bank Jawa Barat (Jabar) untuk membahas upaya mendorong perekonomian daerah. 

"Tidak dalam agenda politik. Ini pertemuan kerjasama antar daerah biasa," kata Ridwan Kamil. 

Mantan Wali Kota Bandung itu menyebut kedatangan mereka atas permintaan perwakila dari Sumatera Utara untuk memberikan pembelajaran atas kesuksesan Jawa Barat mendorong pertumbuhan ekonomi pesantren dan usaha mikro kecil dan menengah.

"Pertama terkait Jawa Barat yang berhasil menghadirkan 1000 bisnis di pesantren-pesantren. Ada lima tahun jadi sekitar 5.000 bisnis. Ini yang akan kita kerjasamakan sehingga pesantren-pesantren di Sumut juga bisa membangun kemandirian ekonomi," kata Ridwan Kamil.  

Yang kedua, lanjut Ridwan Kamil, dia membawa Bank Jabar untuk program dhuafa. Di mana Bank Jabar memiliki fasilitas kredit tanpa agunan dan tanpa jaminan untuk membantu masyarakat miskin berusaha dan lepas dari rentenir. 

"Ada kredit tanpa buka dan tanpa agunan untuk melawan rentenir. Itu kreditnya berlima, jadi akan dijadikan satu studi kasus, untuk bisa membantu masyarakat dhuafa di Sumut," kata dia. 

Ketiga, kata Ridwan Kamil, dia membawa Bank Jawa Barat karena diminta Edy Rahmayadi untuk berbagi cerita tentang bagaimana menjadi perbankan daerah yang kompetitif. Ini dalam rangka mendorong kinerja Bank Sumut yang akan segera melepaskan sahamnya ke publik. 

"Seperti diketahui, Bank Jabar ini terbaik untuk di daerah. Tumbuh 20 persen dan memberikan deviden senilai Rp 1 triliun rata-rata ke pemerintah daerah dan pemegang saham. Jadi artinya kalau dikelola bisnisnya dengan baik itu bisa," itu yang kita bahas tadi. 

"Intinya ini kerjasama biasa antar daerah. Saling menguntungkan antar kedua daerah baik Sumatera Utara maupun Jawa Barat," katanya. 

Selain bertemu Edy Rahmayadi dan komunitas pesantren, Ridwan Kamil yang kini telah menjadi politisi Partai Golkar itu juga akan menemui warga Sunda di Sumatera Utara. Pertemuan dijadwalkan pada Kamis pagi, 2 Februari 2023 mendatang.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut