get app
inews
Aa Read Next : 4.266 Personel Aparat Gabungan Amankan Penetapan Prabowo-Gibran Hari Ini

Jokowi Cek Persemaian Mentawir, Produksi 20 Juta Bibit Tanaman Endemik Kalimantan

Kamis, 23 Februari 2023 | 14:05 WIB
header img
Jokowi meninjau persemaian modern Mentawir yang terletak di Desa Mentawir. (Foto: Raka Dwi Novianto/iNews)

PENAJAM PASER UTARA, iNewsBalikpapan.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau persemaian modern Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) Kamis (23/2/2023). Dia menegaskan, persemaian mentawir bukan hanya untuk IKN, tapi dipasok untuk seluruh daerah di Kalimantan.

"Di sini bukan hanya untuk ibu kota nusantara, sekali lagi ini juga untuk seluruh Kalimantan yang misalnya reklamasi kawasan-kawasan bekas tambang, banyak sekali," tegas Jokowi di Persemaian Mentawir, Kaltim, Kamis.

Dia mengatakan, persemaian Mentawir telah disiapkan dari dua tahun yang lalu.

"Yaa ini adalah persemaian mentawir yang kita siapkan 2 tahun yang lalu dalam rangka mendukung nanti penghijauan reboisasi penghutanan kembali untuk ibu kota nusantara plus juga untuk kawasan yang ada di pulau Kalimantan," ujarnya.

Persemaian tersebut, kata Jokowi, nantinya akan memproduksi kurang lebih 20 juta bibit tanaman-tanaman endemik Kalimantan.

"Ini akan memproduksi kurang lebih 20 juta bibit per tahun, 20 juta bibit. Kalau rumpin itu 6 juta ini 24 eh 20 juta bibit yg di sini di pembibitan ini adalah tanaman-tanaman endemik Kalimantan," ungkapnya.

Jokowi mengungkapkan beberapa bibit tanaman antara lain meranti, kamper, dan juga pohon Sungkai serta pohon buah-buahan.

"Ini sungkai ini yang akan mulai ditanam kembali tapi yang sungkai mungkin akan agak ke daerah-daerah gambut. Sehingga kawasan ibu kota nusantara yang sebelumnya nanti kita lihat adalah kawasan yang hanya monokultur, satu tanaman, satu pohon yaitu eucalyptus. Nanti akan diisi tanaman-tanaman yang disemaikan di sini yang dibibitkan di sini plus nanti ditambah pohon-pohon buah-buahan," ungkapnya.

"Durian semua seneng kan? kemudian apa jambu-jambuan untuk mendatangkan satwa-satwa kembali," sambungnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut