get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Bakal Bentuk Presidential Club, Begini Respons Istana

Pemilu 2024: Hasil Survei IPS Duet Prabowo - Ganjar Bisa Menang Telak 58,1%

Selasa, 28 Februari 2023 | 20:45 WIB
header img
Prabowo - Ganjar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA iNewsBalikpapan.idIndonesia Polling Station (IPS) mengeluarkan hasil survei Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dinilai cocok menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto mengungkapkan bahwa, soal cawapres pilihan publik sudah mulai mengerucut ke sejumlah nama, diantaranya Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil (RK), Sandiaga Uno, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Khofifah Indar Parawansa.

Beberapa nama ini jika dipasangkan dengan nama-cama capres papan atas memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi. Bahkan, sambung dia, Ganjar meskipun termasuk salah satu capres papan atas (tiga besar), namun akhir-akhir ini publik menilai Gubernur Jawa Tengah itu juga cocok menjadi cawapres Prabowo di Pilpres 2024 nanti.

“Ketika IPS menyodorkan sejumlah nama kepada responden dan menanyakan kepada mereka siapakah yang paling cocok menjadi cawapres Prabowo, sebanyak 19,8% menyebut nama Ganjar dan berada di posisi teratas,” kata Alfin dalam rilis survei.

Selain Ganjar Pranowo, nama lain yang juga dinilai publik cocok menjadi pendamping Prabowo adalah Ridwan Kamil dengan perolehan 14,5%. Bahkan Gubernur Jawa Barat (Jabar) ini juga dinilai publik sebagai yang terbaik untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Di posisi ketiga ada Erick Thohir dengan perolehan 12,2% yang dianggap cocok mendampingi Prabowo. “Namun Erick Thohir, Sandiaga Uno dan Khofifah dengan kelebihannya masing-masing juga dinilai publik layak menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024 nanti,” terangnya.

Meskipun demikian, Alfin menambahkan, saat IPS menanyakan kepada responden pasangan mana yang lebih sesuai dengan tantangan Indonesia pasca Jokowi, pasangan Prabowo-Ganjar atau Ganjar-Ridwan Kamil, bagian terbesar publik (58,5%) memilih pasangan Prabowo-Ganjar.

Sementara itu, sambung dia, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno dinilai lebih cocok mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024, ketimbang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Sebanyak 21,3% responden menyatakan Ridwan Kamil sebagai sosok yang paling tepat untuk menjadi cawapres Anies, sedangkan Sandiaga Uno dipilih oleh 19,2% responden.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut