get app
inews
Aa Read Next : 18 Karya Jurnalistik Terima Penghargaan PLN Journalist Awards 2023

PLN Kebut Pembangunan Infrastruktur Listrik IKN, Pemkot Balikpapan Terbitkan Penlok SUTT 150 kV

Selasa, 16 Mei 2023 | 18:28 WIB
header img
PLN UIP KLT kebut pembangunan ketenagalistrikan di IKN. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - PLN UIP KLT terus berupaya merealisasikan pembangunan SUTT 150 kV Kariangau - GIS 4 IKN guna menunjang kebutuhan listrik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dukungan dari Pemerintah Kota Balikpapan diterima oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) dengan telah diterbitkannya Penetapan Lokasi (Penlok) Pembangunan SUTT 150 kV Kariangau - GIS 4 IKN yang berada di wilayah pemerintahan Kota Balikpapan.

Sebelumnya, secara paralel PLN UIP KLT juga melaksanakan Sosialisasi rencana pembangunan dan Konsultasi Publik yang berlangsung Kamis (11/5) lalu di Balikpapan yang turut dihadiri oleh Asisten Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkifli. Dalam kesempatan tersebut Zulkifli menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan mendukung setiap pembangunan yang dilaksanakan untuk menunjang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, terutama untuk penyediaan listrik dengan sistem kelistrikan yang andal.

PLN UIP KLT selalu mengedepankan koordinasi dengan selalu proaktif melibatkan seluruh stakeholder baik Pemerintah Kota Balikpapan maupun Instansi dan Badan penegak hukum di Kalimantan Timur dalam setiap proses percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan SUTT 150kV Kariangau - GIS 4 IKN. 

General Manager PLN UIP KLT, Josua Simanungkalit menyampaikan bahwa langkah demi langkah dilaksanakan sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Daerah guna memastikan pelaksanaan proyek pembangunan berjalan baik dan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh tahapan dilaksanakan dengan sepengetahuan dan persetujuan dari Pemerintah, karena proyek SUTT 150 kV Kariangau – GIS 4 IKN ini cukup krusial dimana target operasi dari infrastruktur ketenagalistrikan ini adalah Mei 2024. Beberapa waktu sebelumnya, PLN UIP KLT berhasil memaparkan progres pembangunan SUTT 150kV Kariangau - GIS 4 IKN kepada Kejaksaan Agung bersamaan saat melakukan kunjungan kerja,” jelas Josua.

Josua menambahkan bahwa dengan telah ditanda tanganinya Penlok, baik di wilayah Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), transmisi yang membentang sepanjang 57 kilometer sirkit (kms) dari Kota Balikpapan hingga Kab. PPU ini akan dikebut pelaksanaannya demi dapat mencapai target operasi.

“Terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada PLN dari seluruh stakeholder baik Pemerintah Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara dan instansi lainnya yang terlibat dalam setiap tahapan pelaksanaan pembangunan SUTT 150 kV Kariangau – GIS 4 IKN, kami berharap proyek yang menunjang IKN ini dapat diselesaikan dengan maksimal,” tutup Josua.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut