get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan PSM, Madura United Jaga Asa Lolos Championship Series

Wasit Liga 1 Bakal Terima Gaji Setara Menteri, Ini Daftar 18 Wasit yang Lolos Verifikasi

Kamis, 22 Juni 2023 | 18:15 WIB
header img
PSSI merilis ada 18 wasit yang bakal memimpin Liga 1 2023/2024. Ketua Umum PSSI Erick Thohir berjanji gaji wasit Liga 1 lebih tinggi ketimbang menteri. (foto: Liga Indonesia Baru).

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id- PSSI merilis ada 18 wasit yang bakal memimpin Liga 1 2023/2024. Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir berjanji gaji wasit Liga 1 lebih tinggi ketimbang menteri demi peningkatan kesejahteraan.

Tidak hanya soal gaji saja, PSSI pun berusaha meningkat kualitas wasit-wasit di Indonesia. Langkahnya adalah pihaknya bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) terkait pembenahan wasit-wasit di Indonesia.

Erick Thohir mengatakan wasit Liga 1 2023-2024 sudah punya batasan minum bekerja dalam satu musim. Itu untuk memberikan kepastian pekerjaan dan pemasukkan dalam satu musim.

"Ada 18 wasit Liga 1. Mereka (masing-masing wasit) akan 17 kali meniup peluit (bekerja dalam satu musim). Padahal target kami 15 kali. Seharusnya itu cukup "kata Erick Thohir di Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Menteri BUMN itu mengatakan gaji wajib Liga 1 pun bisa dikatakan akan melebihi menteri. Namun, dia belum membeberkan penghasilan pasti setiap wasit dalam satu kali memimpin laga. "(Bakal) lebih tinggi gajinya dari menteri. Alhamdulillah lebih tinggi, selevel menteri, harus bangga," ucapnya.

Jika merujuk Gaji menteri dalam Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000, sedangkan tunjangan menteri diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 68 tahun 2001. Gaji gaji pokok yang diterima menteri sebesar Rp5.040.000 juta per bulan dan tunjangan jabatan hingga Rp13,608.000 juta per bulan.

Erick Thohir mengatakan jika masih ada wasit yang mencoba-coba main mata dengan mafia, PSSI akan memberikan sanksi seumur hidup. Pasalnya, kesejahteraan wasit sudah diperhatikan pihaknya.

"Kalau mereka alasan tidak cukup dan terima sampingan,  sudah wajar boleh saya hukum. Saya rasa bagian kami mempercayai wasit-wasit untuk bisa mandiri, gitu," katanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut