get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

298 Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Kaltim Tiba di Bandara SAMS Sepinggan

Sabtu, 08 Juli 2023 | 18:26 WIB
header img
Kloter pertama Jemaah Haji sebanyak 298 orang tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan,  Sabtu (8/7/2023) pukul 02.20 WITA dini hari. (Foto: Humas AP 1 Balikpapan)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id– Kloter pertama Jemaah Haji sebanyak 298 orang tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan,  Sabtu (8/7/2023) pukul 02.20 WITA dini hari.

Jemaah Haji Kalimantan Timur tersebut diberangkatkan dari Jeddah dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 4201 melalui rute JED – KNO – BPN.

Bandara SAMS Sepinggan merupakan salah satu Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I dimana masih dipercayai menjadi tempat dilakukannya embarkasi dan debarkasi Jemaah Haji tahun 2023. Oleh karena itu untuk memberikan layanan yang optimal kami telah melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait guna memastikan kenyamanan dan keselamatan Jemaah Haji," terang General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab. 

“Saya ucapkan selamat datang kembali ke Tanah Air kepada para Jemaah Haji. Semoga dapat menjadi haji yang mabrur dan dapat segera bertemu kembali dengan keluarga dalam keadaan sehat wal afiat,” tambah Syaugi.

Pada debarkasi tersebut seluruh jemaah Haji akan diantarkan menggunakan bis ke Asrama Haji terlebih dahulu sebelum menuju ke daerah masing-masing.

“Pada awalnya Jemaah Haji berisikan 299 orang namun terdapat satu orang meninggal dunia dikarenakan sakit, untuk total Jemaah Haji yang meninggal dunia wilayah Kalimantan Timur sebanyak 5 orang,” terang Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kementerian Agama Kalimantan timur, Ahmad Rijani. 

Kondisi kedatangan Jemaah Haji itu sendiri, saat keluar dari pesawat terlihat suasana haru dan tak hanya itu ada beberapa Jemaah melakukan sujud syukur setibanya di tanah air dengan selamat. 

Sebagai informasi Debarkasi Jemaah Haji di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan terbagi menjadi 21 kloter, periode Debarkasi tanggal 8 Juli hingga 3 Agustus 2023. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut