get app
inews
Aa Read Next : 18 Karya Jurnalistik Terima Penghargaan PLN Journalist Awards 2023

Program TJSL Pendidikan Kompetensi, PLN UIP KLT Berikan Akses Pendidikan Berkualitas ke Masyarakat

Minggu, 30 Juli 2023 | 12:49 WIB
header img
Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN dengan memberikan bantuan sertifikasi kompetensi kepada masyarakat. (Foto: ist)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.idPLN turut serta dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yaitu dengan memberikan bantuan sertifikasi kompetensi kepada masyarakat. 

PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) berhasil memberikan pelatihan hingga sertifikasi kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk 20 milenial di Desa Simpang Empat, Asam-asam, Kabupaten Tanah Laut  serta 19 Tenaga Alih Daya (TAD) PLN UIP KLT.

General Manager PLN UIP KLT, Josua Simanungkalit menyampaikan melalui program TJSL pada sektor pendidikan dilaksanakan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) dimana harapannya dapat menjamin akses yang sama bagi semua perempuan dan laki-laki, terhadap pendidikan teknik, kejuruan dan pendidikan tinggi, termasuk universitas, yang terjangkau dan berkualitas. 

“Total ada 45 peserta, dan 39 telah selesai melaksanakan uji dan lulus kompetensi sesuai dengan bidang masing-masing seperti Instalasi Listrik Bangunan Sederhana, Perawatan AC Residential, Fotography dan Video Editor. Untuk 6 peserta lainnya, masih dalam tahap pelatihan lanjut dan persiapan pengujian,” tambah Josua.

Dalam rangka pelaksanaan Pelatihan dan Sertfikasi tersebut, PLN bersinergi dengan penyedia jasa berkompeten, seperti PT Prosyd Bina Solusindo, PT Transisi Sinergy Indonesia, dan Asosiasi (Perkumpulan) Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia DPD Kalsel dengan tanpa adanya pungutan biaya bagi para peserta.

“Dengan adanya program TJSL pendidikan berbasis pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan ini, diharapkan dapat berdampak pada peningkatan taraf kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Karena, seperti bantuan untuk milenial di Desa Simpang Empat, selain dibekali ilmu kejuruan, selesai uji kompetensi mereka juga dibekali pelatihan pemasaran. Kemudian untuk peserta TAD PLN UIP KLT diharapkan juga memiliki bekal ketika nantinya memasuki masa pensiun,” jelas Josua.

Dalam kesempatan lain, salah satu peserta program pelatihan dan uji kompetensi dari milenial di Desa Simpang Empat, Asam-asam, Kabupaten Tanah Laut menyampaikan ucapan terima kasih dengan adanya program TJSL dari PLN UIP KLT ini sangat bermanfaat untuk para peserta.

“Terima kasih kepada PLN UIP KLT atas seluruh perhatian serta kepeduliannya kepada kami, dengan pengetahuan dan pembelajaran yang diberikan, kami semakin percaya diri dan merasa memiliki nilai lebih untuk siap terjun dalam dunia kerja. Rencana kedepannya, kami juga akan membangun usaha bersama secara mandiri,” tutup Karimullah.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut