get app
inews
Aa Read Next : Budak Narkoba Ditangkap Polda Kalsel, Seludupkan Sabu 4 Kg Dicokok di Bandara Syamsuddin Noor

Catatkan 1,45 Juta WNI Berkunjung ke Negeri Jiran, Malaysia Promosi Wisata di Balikpapan

Senin, 31 Juli 2023 | 21:06 WIB
header img
Tourism Malaysia Road to Indonesia - Balikpapan digelar Senin (31/7/2023).(Foto: Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id- Indonesia menjadi salah satu pasar potensial wisata bagi Malaysia. Pada tahun 2022 lalu, tercatat sebanyak 1,45 juta wisatawan asal Indonesia mengunjungi Malaysia. 

"Sampai pada semester I tahun ini sudah mencapai 704.147 wisatawan asal Indonesia," kata Direktur Tourism Malaysia-Jakarta, Junus Suhid usai gelaran Tourism Malaysia Road to Indonesia - Balikpapan, Senin (31/7/2023). 

Dari jumlah penerbangan, junus menerangkan setidaknya ada sebanyak 542 flight per pekannya dari Indonesia ke Malaysia atau setara dengan 97.000 seats. "Sudah mencapai 75 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi covid-19,"ungkapnya. 

Tak hanya untuk melakukan plesiran, warga Indonesia berkunjung ke Malaysia untuk keperluan berobat. Junus mencatat setidaknya ada sebanyak 25 persen dari total kunjungan wisatawan. 

Untuk mendongkrak jumlah kunjungan dari Indonesia, Malaysia Tourism Board menggandeng Malaysia Association of Tour and Travel Agents (MATTA) yang aktif melakukan promosi wisata ke sejumlah daerah tak terlepas Kalimantan Timur, Balikpapan. 

Dalam sambutannya mewakili Dirjen Tourism Malaysia, Dato Ammar Abd Ghapar, Zaki menerangkan bahwa Indonesia akan selalu menjadi pasar penting bagi sektor pariwisata di Malaysia. Sehingga, ia berharap aksesibilitas dan kapasitas penerbangan antar kedua negara bisa ditingkatkan. 

"Dengan dibukanya penerbangan Kuala Lumpur - Balikpapan pada Maret 2023 kemarin, diharapkan semakin memudahkan perjalanan wisatawan Indonesia, terkhusus wisatawan asal Balikpapan ke Malaysia,"imbuhnya. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut