get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Bakal Buka Formasi CPNS Khusus Putra-Putri Kalimantan 

Ada IKN Nusantara, Pangkalan TNI AL Balikpapan Naik Kelas Jadi Kodamar A

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 20:59 WIB
header img
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali foto bersama dengan prajurit TNI AL di Lanal Balikpapan, Rabu (23/8/2023). (Foto: Istimewa)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - Status Pangkalan TNI AL Balikpapan berubah menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) A dan akan dipimpin perwira tinggi TNI AL berpangkat bintang dua atau Laksamana Muda. Perubahan itu seiring keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Karena itu, kata KSAL, Lanal Balikpapan dituntut berperan aktif dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas dan mengantisipasi berbagai kerawanan.

"Wilayah Balikpapan memiliki sumber daya alam dan energi yang cukup melimpah, sehingga keberadaan satuan TNI AL harus dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional bangsa Indonesia”, kata KSAL saat tatap muka dengan prajurit TNI AL di Lanal Balikpapan, Rabu (23/8/2023).

KSAL berpesan, segenap prajurit dan PNS TNI AL di Lanal Balikpapan terus meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di samping itu terus meningkatkan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme.

"Jadikan kehadiran TNI AL di wilayah ini bermanfaat baik itu bagi pemerintah daerah serta masyarakat khususnya di wikayah Balikpapan," ujar KSAL.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerja di Kalimantan Timur (Kaltim), KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali berkesempatan meninjau titik lokasi Dermaga Pantai Melawai yang akan dijadikan Markas Kodamar TNI AL, serta lokasi rencana Pembangunan dermaga sebagai titik penempatan unsur-unsur KRI TNI AL.

Sehari sebelumnya, KSAL dan sejumlah pejabat tinggi Mabesal juga meninjau secara lokasi yang direncanakan sebagai tempat pembangunan Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) di IKN Nusantara di Penajam Paser Utara.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut