get app
inews
Aa Read Next : Gegara Dituduh Mencuri, Bocah Diikat dan Dicambuk Warga di China

Viral! Air Sumur Warga di Gunung Sindur Diduga Bercampur BBM, Bupati Bogor Terjunkan Tim DLH

Kamis, 07 September 2023 | 21:11 WIB
header img
Viral air diduga tercemar kandungan minyak di wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. (Foto istimewa).

BOGOR, iNewsBalikpapan.id - Beredar video di media sosial air yang diduga tercemar kandungan minyak di wilayah Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor tengah melakukan asesmen atas kejadian tersebut.

Video tersebur diunggah akun @gunungsindurbogor. Dalam videonya, terlihat seseorang yang tengah mengambil air dari keran dengan wadah gayung.

Tampak air tersebut berwarna keruh tidak seperti air bersih pada umumnya. Lantas, orang tersebut mengambil kertas dan dicelupkan ke dalam air.

Tidak lama, orang dalam video menyalakan korek api yang langsung disambarkan ke secarik kertas tersebut. Terlihat, api dengan mudah langsung membesar dan membakar habis kertas tersebut.

"Beberapa rumah warga yang di belakang Pom bensin Nagrog Gunung Sindur (depan Pesantren DQ) airnya tercemar kandungan minyak yang gampang menyala bila terkena api. Karena sangat membahayakan, warga pun memvideokan kejadian tersebut," tulis keterangan video akun Instagram @gunungsindurbogor dikutip, Kamis (7/9/2023).

Terpisah, Bupati Bogor Iwan Setiawan mengaku sudah menerjunkan tim DLH Kabupaten Bogor untuk melakukan asesmen terkait kejadian tersebut. Diduga ada kebocoran BBM dari SPBU sekitar.

"Mungkin bocor dari SPBU, kami mungkin nanti akan minta laporan lebih rinci dari DLH. Karena kami belum ada laporan dari DLH bagaimana tindaklanjutnya atau langkah kita untuk mengambil solusinya. Mungkin sedang melakukan asesmen sekarang. Nanti solusi dari kita untuk SPBU itu bagaimana, nanti kita tunggu," ucap Iwan.

Selain itu, tim DLH juga akan mencari lebih jelas sumber dari kejadian tersebut. Sehingga, dapat dilakukan penanganan lebih lanjut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena berbahaya.

"Asesment kan dicari sumbernya, masalahnya, bisa terjadi air tercampur dengan BBM itu agak aneh juga. Kalau di dalamnya ada sumber minyak, ya bagus. Tapi kalau tangki bocor bahaya, suatu saat bisa ada orang di rumah kebakaran dan lainnya. Kita akan minta laporan asesmen dari DLH," tutupnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut