get app
inews
Aa Read Next : Menparekraf Perkuat Literasi Digital Santri di Balikpapan Lewat Santri Digitalpreneur

Kilang Pertamina Unit Balikpapan Pecahkan Rekor Muri Jalan Sehat dan Pemeriksaan Gula Darah

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 16:09 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan pecahkan Rekor Muri Jalan Sehat dan Pemeriksaan Gula Darah yang dilaksanakan di Banua Patra Balikpapan, Sabtu (21/10/2023).(Foto: Dok Pertamina)

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan pecahkan Rekor Muri Jalan Sehat dan Pemeriksaan Gula Darah yang dilaksanakan di Banua Patra Balikpapan, Sabtu (21/10/2023).

Manager HSSE PT KPI Unit Balikpapan Binsar Butar Butar dalam laporannya menyampaikan pesan dari kegiatan ini merupakan wujud semangat hidup sehat dalam kebersamaan.

“Pemecahan Rekor Muri ini sebagai tanda penyemangat buat kita bersama. Bahwa kita dan keluarga bukan hanya di masa muda ini tapi seterusnya dapat bekerja serta berolahraga bersama untuk memastikan bahwa kita dalam keadaan sehat dan bugar,” kata Binsar.

Acara diawali dengan registrasi melalui Daily Check Up (DCU) beserta pemeriksaan gula darah, kemudian jalan sehat, sambutan-sambutan, penyerahan Penghargaan Rekor Muri dan dilanjutkan dengan acara hiburan sebagai penutup.

Selain kegiatan jalan sehat juga dilakukan pemeriksaan gula darah yang diharuskan sebagai syarat registrasi pada kegiatan ini.

“Dapat kami sampaikan untuk hari ini juga kita melakukan pengecekan gula darah sebagai mitigasi awal untuk mencegah apabila memang ditemukan penyakit yang perlu kita waspadai bersama,” tambah Binsar.

Jalan sehat dimulai dari gedung Banua Patra melintasi lapangan Merdeka, depan masjid Istiqomah, serta melawai, lalu kembali ke Banua Patra.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan ini diikuti oleh ribuan peserta.

“Peserta berasal dari Pekerja, Mitra Kerja beserta keluarga, juga masyarakat kota Balikpapan. Kembali lagi ini menjadi ajang untuk titik awal dan seterusnya sebagai pengingat semangat buat kita bersama dengan keluarga dan seluruh masyarakat kota Balikpapan,” ucap Binsar.

Kegiatan dihadiri oleh General Manager PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho, Senior Customer Relation Manager Muri Triyono, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Balikpapan Ani Mufaidah dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma.

“Pemerintah kota balikpapan menyambut baik kegiatan ini sebagai upaya kita mempromosikan kesehatan kepada masyarakat. Terutama masyarakat kota balikpapan yang hidup di kawasan perkotaan dengan berbagai rutinitas yang tentunya cukup menyita waktu,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Balikpapan Ani Mufaidah saat membacakan sambutan dari Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Diabetes sendiri mengalami peningkatan di kota Balikpapan pasca pandemi covid-19. Bahkan kini juga ditemui di kelompok usia muda, kelompok usia anak-anak dan remaja yang umumnya perlu banyak energi untuk bergerak, bermain, dan beraktivitas. Di kelompok usia muda umumnya tidak perlu dikhawatirkan jumlah konsumsi gula yang adalah sumber energi.

Rahmad berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Masyarakat diharapkan dapat memiliki kesadaran untuk menjalankan pola hidup yang sehat dan seimbang. Termasuk menyempatkan diri untuk berolahraga secara rutin serta memeriksakan kesehatannya. Hal ini hendaknya dapat dilaksanakan secara disiplin sebagai bentuk kesadaran diri dalam menjaga kesehatan supaya tetap bisa beraktivitas dengan produktif,” tambah Rahmad.

Penghargaan Rekor Muri ini pun mendapat apresiasi dari Walikota Balikpapan.

“Saya juga mengapresiasi upaya pemecahan rekor muri pemeriksaan gula darah mudah-mudahan dapat mencapai target yang diharapkan,” ucap Ani menyampaikan sambutan Walikota Balikpapan.

Diabetes Melitus merupakan penyakit tidak menular. Diabetes disebabkan karena ketidakmampuan kelenjar pankreas memproduksi hormon insulin dalam jumlah cukup.

General Manager PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho menjelaskan terkait program Sehat Bugar Senang (Sebuse) yang dimiliki Pertamina.

“Pertamina punya program Sehat Bugar Senang (Sebuse). Di tahun ini sudah banyak program yang kami kampanyekan, salah satunya ini. Sebelumnya juga penurunan berat badan. Pada intinya ini semua untuk menerapkan pola hidup sehat bagi para pekerja dan mitra kerja Pertamina,” jelas Bayu dihadapan awak media.

Bayu juga menegaskan bahwa dengan pencapaian Rekor Muri ini merupakan pesan kuat dari perusahaan untuk menyebarkan budaya hidup sehat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan pesan yang kuat dari Perusahaan untuk menyebarkan budaya hidup sehat bagi masyarakat Kota Balikpapan. Yang mana kita harus terus mengkampayekan kegiatan ini, dengan itu budaya sehat dan rajin berolahraga itu lebih ditingkatkan, dan jika pekerja fit sehat maka akan ready bekerja, tidak ada kendala dan dapat berkontribusi lebih bagi perusahaan,” tutup Bayu.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut