get app
inews
Aa Read Next : Pesawat Delay 15 Jam, Penumpang Tampar Pilot

Puncak Libur Nataru, Jumlah Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Diperkirakan Naik 16 Persen

Selasa, 19 Desember 2023 | 18:41 WIB
header img
Lonjakan jumlah penumpang pesawat di Bandara Sams Sepinggan diprediksi bakal meningkat hingga 16 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.(Foto: ist)

BALIKPAPAN,iNewsBalikpapan.id - Lonjakan jumlah penumpang pesawat di Bandara Sams Sepinggan diprediksi bakal meningkat hingga 16 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

Lonjakan jumlah penumpang pesawat itu, didominasi oleh para calon penumpang dengan rute penerbangan tujuan Surabaya dan Jakarta.

General Manager PT Angkasa Pura 1 Balikpapan, Ahmad Syaugi mengatakan lonjakan jumlah penumpang pesawat di Bandara Sams Sepinggan Balikpapan pada momen libur natal dan tahun baru 2023-2024, diprediksi akan terjadi peningkatan sebesar 16 persen jika dibandingkan dengan hari biasa. Hal ini lantaran demografi penduduk Kota Balikpapan yang heterogen, sehingga lonjakan jumlah penumpang pesawat pada momen natal dan tahun baru tidak terlalu signifikan.

"Tadi prediksi 16 persen ya, tapi bisa lebih besar saya rasa, memang kalau di Bandara Sepinggan kan heterogen, enggak banyak, istilahnya bukan seperti di Manado yang nasraninya banyak, kalau disini kita prediksi 16 persen," ungkap Syaugi kepada Beritasatu.com saat ditemui di Bandara Sams Sepinggan Balikpapan, Selasa (19/12/2023) pagi.

Menurutnya, jika dibandingkan pada momen natal dan tahun baru periode 2022-2023, jumlah lonjakan penumpang pesawat diprediksi bakal mencapai 38 persen. Sedangkan jika dibandingkan hari biasa atau hari normal, lonjakan jumlah penumpang pesawat di Bandara Sams Sepinggan Balikpapan hanya akan meningkat sebesar 16 persen.

"Jadi perbandingan 2023-2024 itu kenaikan pax nya ya, itu 38 persen, itu kenaikan pax nya dibandingkan 2022-2023 dengan 2023-2024 ya.Kalau nataru ini kami perkirakan 16 persen, tapi kalau pax mungkin bisa naik sampai 36 persen," urai dia. 

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut