get app
inews
Aa Read Next : FIFA Tunjuk Cile Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025, Ambisi Indonesia Pupus

Satoru Mochizuki Resmi Jadi Pelatih Timnas Wanita Indonesia

Selasa, 20 Februari 2024 | 12:14 WIB
header img
Satoru Mochizuki resmi ditunjuk PSSI latih Timnas Wanita Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, resmi memperkenalkan Satoru Mochizuki, sebagai pelatih Timnas Wanita Indonesia yang baru di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (20/2/2024) pagi WIB. Eks presiden Inter Milan itu menaruh harapan besar kepada sang pelatih.

Dalam acara penandatanganan kontrak itu, turut diikuti para tokoh seperti Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, anggota Exco PSSI Arya Sinulingga, Endri Erawan, Sekjen PSSI Yunus Nusi, hingga Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Erick memperkenalkan secara langsung Mochizuki kepada hadirin.

Menteri BUMN itu mengapresiasi Federasi Sepakbola Jepang (JFA) atas kerjasamanya yang telah mau merekomendasikan Mochizuki sebagai pelatih Timnas Wanita Indonesia. Baginya, kehadiran pria asal Jepang itu adalah sebuah kehormatan.

"Kami di PSSI sangat mengapresiasi JFA yang benar-benar secara tulus ikhlas mau membantu sepakbola Indonesia dengan memberikan salah satu coach terbaiknya untuk sepakbola Indonesia," ujar Thohir kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia (MPI) di lokasi.

"Ini sebuah kehormatan kita bisa mendapatkan salah satu coach terbaik yang bisa membantu sepakbola putri Indonesia," tambah pria berusia 53 tahun itu.

Lebih lanjut, Erick menjelaskan alasan PSSI memilih Mochizuki sebagai pelatih Timnas Wanita Indonesia. Di antaranya, rekam jejak pelatih berusia 59 tahun itu sudah jelas dan memiliki kualitas.

"Kami mencari figur terbaik, kami sepakat dan terhormat coach Satoru yang punya track record timnas Jepang, pernah bawa juara dunia, ini positif," kata Erick.

Sebelumnya, Mochizuki pernah membawa Timnas Wanita Jepang juara Piala Dunia Wanita FIFA (2011) di Jerman, dan medali perak Olimpiade London (2012). Ia lalu menyapa para wartawan di kesempatan yang sama.

"Selamat pagi, apa kabar? Saya sangat bangga bisa dipercaya menjadi pelatih Timnas Wanita Indonesia. Saya percaya mendedikasikan tahun-tahjn ke depan untuk mengembangkan sepakbola wanita Indonesia," kata Mochizuki.

"Saya akan mencoba yang terbaik dari talenta yang ada di Indonesia untuk dikembangkan dari awal. Dalam waktu dekat, saya akan pergi ke beberapa tempat, untuk melakukan talent scouting," tandasnya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut