get app
inews
Aa Read Next : 18 Karya Jurnalistik Terima Penghargaan PLN Journalist Awards 2023

Pembangunan IKN, PLN UIP KLT Akselerasi Progres Pembebasan Lahan SUTT 150 kV Grogot - Sei Durian

Minggu, 24 Maret 2024 | 20:41 WIB
header img
Pembangunan IKN, PLN UIP KLT Akselerasi Progres Pembebasan Lahan SUTT 150 kV Grogot - Sei Durian

KOTABARU, iNewsBalikpapan.id - Penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan yang andal dan prima di Pulau Kalimantan saat ini tengah menjadi fokus utama.

Dimana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tengah dikebut penyelesaiannya. PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) turut andil dalam penyediaan infrastruktur ketenagalistrikannya.

Beberapa proyek tengah dilaksanakan akselerasi pembangunannya, salah satunya Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Grogot - Sei Durian yang akan meningkatkan keandalan sistem interkoneksi Kaltim-Kalsel.

Tahap pembangunannya saat ini yaitu pra-konstruksi, dimana PLN UIP KLT tengah melakukan penyelesaian perizinan dan juga pengadaan tanahnya. 

General Manager PLN UIP KLT, Raja Muda Siregar menjelaskan bahwa SUTT 150 kV Grogot - Sei Durian yang memiliki panjang 140 kilo meter sirkit (kms) ini akan ditopang oleh 251 menara tower. Kamis (21/03) lalu PLN melalui unitnya UPP KLT 1 telah berhasil membebaskan 17 tapak tower yang berlokasi di Desa Marga Jaya dan Desa Sengayam, Kecamatan Pamukan Barat, Kabupaten Kotabaru. Saat ini sudah mencapai 56% tanah tapak tower yang sudah bebas.

"Proses pengadaan tanahnya sendiri sudah berjalan tahun lalu, dan hingga saat ini terus berprogres. Alhamdulillah melalui dukungan dari para stakeholder eksternal mulai dari Desa, Forkopimcam hingga Forkopimda, para Insan PLN tidak pernah lelah untuk terus memberikan kinerja terbaik mensukseskan pembangunan SUTT 150 kV Grogot - Sei Durian,” tambah Raja.

Editor : Mukmin Azis

Follow Berita iNews Balikpapan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut