get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Tabrakan Truk BBM dan Truk Angkut Sapi, 48 Orang Tewas

153 Orang Tewas Diterjang Banjir Bandang di Afghanistan

Sabtu, 11 Mei 2024 | 21:58 WIB
header img
Banjir bandang menerjang Afghanistan pada Jumat (10/5), menewaskan 153 orang (Foto: Reuters)

KABUL, iNewsBalikpapan.id - Banjir bandang menerjang Afghanistan pada Jumat (10/5/2024), menewaskan 153 orang. Air bah menghantam tiga provinsi sekaligus di bagian utara negara itu, yakni Baghlan, Takhar, dan Badakhshan.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Abdul Mateen Qaniee mengatakan, sedikitnya 138 orang juga terluka akibat banjir yang dipicu hujan lebat tersebut.

Pemerintahan Afghanistan yang dikelola Taliban mengirim helikopter untuk mengevakuasi warga sipil setelah mendapat laporan bahwa lebih dari 100 orang terdampar. Helikopter juga dikerahkan untuk mengirim bantuan ke daerah yang terisolasi.

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, banyak orang kehilangan tempat tinggal dan kendaraan. Sistem air dan pembuangan limbah juga sangat terganggu.

“Dampaknya sangat besar, menyebabkan hilangnya nyawa dan korban luka. Banyak orang masih belum ditemukan,” bunyi pernyataan kantor WHO di Afghanistan, dikutip dari Reuters, Sabtu (11/5/2024).

Empat pusat kesehatan rusak dan satu hancur akibat banjir dan mengatakan badan tersebut mengirim tim kesehatan untuk memberikan perawatan di daerah terdampak banjir.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut