get app
inews
Aa Read Next : Perayaan HUT Ke-79 RI di IKN, Kemenparekraf Targetkan 12.000 Wisatawan

Ridwan Kamil Sebut Pembangunan IKN Baru Bisa Terasa 25 Tahun

Rabu, 05 Juni 2024 | 18:51 WIB
header img
Kurator pembangunan IKN Ridwan Kamil mengungkapkan pembangunan tahap 1 IKN sudah mencapai 80 persen.(Foto: Raka Dwi/MPI).

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Kurator Ibu Kota Nusantara (IKN) Ridwan Kamil menyebut butuh waktu 25 tahun untuk merasakan pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Contohnya Washington DC butuh ratusan tahun untuk menjadi Ibu Kota di Amerika Serikat.

"Jadi IKN kalau mau melihat apa yang saya bicarakan, mungkin tidak dalam 5-10 tahun ya, semua Ibu Kota baru butuh waktu. Mungkin 25 tahun baru terasa apa yang disampaikan," kata Ridwan dalam keterangannya, Rabu (5/6/2024).

Ridwan mengungkapkan pembangunan tahap 1 IKN sudah mencapai 80 persen. Dia optimistis upacara 17 Agustus di IKN dapat terlaksana dengan baik.

"Nah, kalau tahap I ya, yang saya-anda lihat sepanjang mata memandang ini sudah 80-an persen lebih. Jadi nanti kalau Agustusan harusnya ini sudah bersih, sudah beres," kata Ridwan.

Pria disapa Kang Emil ini menegaskan bahwa pihaknya tidak memindahkan wajah Jakarta ke IKN, tapi menampilkan kota di balik hutan pepohonan. Menurutnya, bangunan di Jakarta harus berebut atensi, sedangkan bangunan di IKN harus mengalah dengan hutan.

"Saya memastikan ada hijau, di lingkungan, di bangunan, di atap bangunan. Memastikan inteligen building, memastikan net zero berlaku so we can claim ini desain sebagai kelas dunia," ungkapnya.

Ridwan menjelaskan IKN didesain sebagai kota bukan pusat pemerintahan semata. "Kalau government center bangunannya hanya fungsi pemerintahan. Kotanya kota PNS. Government official. Ini didesain jadi kota yang sebenarnya," katanya.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut