get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Senilai Rp4,8 Triliun

Data BPJT Kementerian PUPR Total Jalan Tol di Indonesia Capai 2.893 Km

Minggu, 23 Juni 2024 | 19:59 WIB
header img
BPJT Kementerian PUPR mencatat total jalan tol di Indonesia sepanjang 2.893 kilometer (km) hingga Juni 2024. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mencatat total jalan tol di Indonesia sepanjang 2.893 kilometer (km) hingga Juni 2024. Pembangunan jalan tol telah dimulai sejak 1978, di mana Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang diresmikan di Tanah Air.

"Sejak 1978 hingga pertengahan tahun 2024, total panjang jalan tol di Indonesia mencapai 2.893 kilometer," dikutip dari postingan Instagram @pupr_bpjt, Minggu (23/6/2024).

BPJT menerangkan, jalan tol di Indonesia memiliki peran penting, yakni meningkatkan konektivitas, memangkas waktu tempuh berkendara, menghubungkan antar wilayah yang terkoneksi dengan jalan tol, dan mendukung pertumbuhan perekonomian masyarakat.

"Kementerian PUPR terus berkomitmen meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia. Sehingga, masyarakat bisa merasakan pemangkasan waktu tempuh berkendara dan pertumbuhan ekonom," tulis keterangan BPJT.

Menurut data BPJT, saat ini terdapat jalan tol yang telah beroperasi pada 5 pulau di Indonesia, di antaranya Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Total panjang jalan tol yang telah beroperasi di Pulau Sumatera mencapai 941,75 km, di Pulau Jawa jalan tol sepanjang 1.782,47 km, Pulau Bali sepanjang 10,07 km, Pulau Kalimantan jalan tol yang beroperasi sepanjang 97,27 km, dan jalan tol yang beroperasi di Pulau Sulawesi sepanjang 61,46 km.

Adapun, keseluruhan jalan tol yang telah beroperasi dikelola oleh 52 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di 73 ruas jalan tol.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut