get app
inews
Aa Read Next : Data BPJT Kementerian PUPR Total Jalan Tol di Indonesia Capai 2.893 Km

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Senilai Rp4,8 Triliun

Jum'at, 31 Mei 2024 | 12:49 WIB
header img
Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan. (Foto: setpres)

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat (31/5/2024) meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan, seksi Bangkinang-XIII Kampar, Riau. Proyek sepanjang 24,7 km ini diketahui menelan biaya hingga Rp4,8 triliun.

"Alhamdulillah hari ini jalan tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 yaitu Bangkinang Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 km yang kita bangun sejak 2019 sampai 2024. Menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan pembangunan tol tersebut diharapkan menjadi awalan pembangunan dari tol Trans-Sumatra yang diharapkan nanti setiap tahunnya akan saling menyambung dari Pekanbaru hingga Padang.

"Ini adalah sirip dari tol trans-sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun terus akan sambung-sambung dan nanti akan sampai ke Pekanbaru sampai ke kota Padang," tutur dia.

Dikesempatan yang sama, Jokowi juga meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Riau. Pembangunan tersebut memperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 kilometer (km).

 

"Inpres jalan daerah di provinsi Riau telah dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 km dan menghabiskan anggaran Rp369 miliar juga selesai," ujar Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini pun berpesan kepada Gubenur hingga Wali Kota di Riau untuk mendesain jalan tol yang telah dibangun agar disambungkan dengan kawasan produktif.

"Saya hanya titip kepada Gubernur, Bupati, Wali Kota yang hadir agar jalan tol yang sudah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif, baik itu kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata," kata Jokowi.

"Sehingga betul-betul rill ada manfaaatnya bagi rakyat, bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan juga mobilitas orang, mobilitas barang itu betul-betul bisa lebih cepat lagi. Sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia," ucap dia.

Editor : Mukmin Azis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut